Karir Adalah: Berikut Tips Menemukan Karir yang Tepat

6 Apr 2023 14:04 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seorang pedangang meniti karier bidang perdagangan dengan penuh semangat. (Sumber: Pexels/Quintin Gellar)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Sukses dalam karier merupakan impian hampir setiap orang. Pertanyaan soal karier biasanya banyak diberikan kepada mahasiswa semester akhir atau yang baru lulus kuliah.

Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan karier? Apa bedanya dengan pekerjaan? Lalu, apa yang mesti dilakukan supaya bisa mencapai kesuksesan dalam berkarier?

Pengertian karier

Sebagian besar orang mungkin menganggap karier sebagai pekerjaan yang telah atau sedang dilakukan. Akan tetapi, pengertian tersebut rupanya tidak memenuhi definisi karier yang sesungguhnya.

Sekilas, karier dan pekerjaan tampaknya memiliki makna yang sama. Meski begitu, keduanya punya arti yang sangat berbeda. Dalam buku Your Job Is Not Your Career! (2013), Rene Suhardono menegaskan perbedaan antara karier dan pekerjaan.

Menurutnya, pekerjaan adalah sesuatu yang bukan milik kita, sementara karier adalah apa yang kita miliki.

Pekerjaan hanyalah sarana yang kita gunakan untuk mencapai tujuan-tujuan, misalnya untuk mendapatkan penghasilan secara rutin. 

Pekerjaan diberikan oleh pihak lain yang hendak mencapai tujuannya sendiri. Dengan begitu, dapat dikatakan bahwa pekerjaan yang kita lakukan bukanlah milik kita.

Sementara itu, karier memiliki makna yang lebih dalam dan kompleks. Karier sejatinya merupakan serangkaian cita-cita, ambisi, dan tujuan hidup jangka panjang seseorang yang diwujudkan dengan menekuni suatu bidang. 

Karier merupakan keseluruhan proses dalam kehidupan seseorang, sementara pekerjaan hanya merupakan bagian dari proses tersebut. 

Oleh karena itu, memilih karier harus dilakukan secara hati-hati karena akan memberi dampak besar bagi kehidupan profesional dan kepuasan pribadi. 

Lalu, bagaimana cara menemukan karier yang sesuai denganmu?

Cara menemukan karier yang tepat

Menemukan karier yang tepat akan memberimu perasaan puas dan kenikmatan dalam menjalani pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menemukan karier yang sesuai dengan dirimu.

1. Membuat rencana

Sebelum meniti karier, penting untuk membuat perencanaan yang matang. 

Rencana karier akan membantumu menentukan arah yang akan diambil, tujuan berkarier, dan apa yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut. 

2. Mengenali passion

Karier yang dibangun berdasarkan passion akan lebih mudah dijalani, selain tentunya juga menyenangkan. 

Passion akan memberikanmu kecintaan, semangat, dan kenikmatan dalam menjalani setiap proses dalam berkarier. 

Untuk itu, sebelum menentukan pilihan karier, ada baiknya kamu menemukan terlebih dahulu apa yang sebenarnya menjadi passion-mu dalam hidup. 

3. Melakukan networking

Dengan membangun jejaring, kamu dapat mengenal dan menjaga hubungan profesional dengan orang lain yang sekiranya dapat membantumu dalam menentukan pilihan karier. 

Kita tidak pernah tahu kapan dan dari mana kesempatan akan menghampiri. Oleh sebab itu, semakin luas network yang kamu bangun, semakin besar pula kesempatan yang kamu miliki. 

Temukan juga mentor dan lingkungan yang suportif dan positif serta dapat mendukungmu dalam menentukan pilihan karier.

4. Update dengan dunia industri yang dijalani

Sering-seringlah update dengan dunia industri dan pekerjaan yang ingin kamu geluti serta mengikuti tren yang berkembang di dalamnya. 

Hal ini akan membantumu memperoleh gambaran tentang pekerjaan yang sesuai dengan karier. 

5. Fleksibel terhadap perubahan

Apabila kamu berada dalam industri yang trennya sedang mengalami penurunan, kamu harus selalu siap dan mampu untuk beralih ke karier yang berbeda. 

Itulah penjelasan singkat tentang pengertian karier dan cara menemukan karier yang sesuai. 

Yuk, bangun kariermu dari sekarang, mulai dari menemukan passion, menentukan bidang yang ingin ditekuni, dan terus belajar untuk meningkatkan kompetensi.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER