Sederet Kekacauan dan Indikasi Kecurangan SEA Games 2023 Kamboja

15 May 2023 10:05 WIB

thumbnail-article

SEA Games 2023 Kamboja. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Sederet cerita unik terjadi pada pagelaran SEA Games 2023 Kamboja yang tuai sorotan negatif di kalangan publik, baik dari kekacauan yang terjadi hingga adanya dugaan kecurangan pada beberapa cabang olahraga (cabor).

Kekacauan serta dugaan kecurangan yang terjadi pada event SEA Games kali ini cukup membuat geram para pendukung dari tiap-tiap negara, tanpa terkecuali pendukung Indonesia.

Berikut sederet kejadian yang cukup menyita perhatian sepanjang pagelaran SEA Games 2023 berlangsung di Kamboja.

Penginapan atlet bocor

Wisma penginapan yang ditempati oleh atlet SEA Games 2023 banjir lantaran bocor akibat hujan deras di Kamboja. Video kejadian tersebut lantas menjadi viral di media sosial.

Gunakan lampu mobil sebagai penerang

Pada saat penyerahan medali cabor jalan cepat, pihak penyelenggara menggunakan lampu mobil sebagai pengganti dari alat penerang.

Bendera Indonesia terpasang terbalik

Pada saat opening SEA Games 2023, tampak bendera Indonesia yang dibawa oleh salah seorang penari terpasang terbalik. Mengetahui akan kejadian itu, pihak penyelenggara langsung meminta maaf.

Pencak Silat Putri Indonesia didiskualifikasi

Pencak Silat Putri kontingen Indonesia terpaksa harus didiskualifikasi. Safira Dwi Meilani tiba-tiba diberhentikan dengan alasan cedera padahal Safira masih mengaku kuat untuk melanjutkan pertandingan.

Pencak Silat Putra diduga mengalami kecurangan

Pelatih Pencak Silat putra sempat geram dan membanting meja pada saat mengetahui jika anak asuhnya dicurangi, kala itu Kadek Andrey melawan Pencak Silat asal Malaysia.

Pencak silat Bayu Lesmana

Bayu Lesmana dikabarkan mendapat intervensi dari pihak penyelenggara dan terpaksa WO melawan tuan rumah Kamboja pada partai final Pencak Silat. 

Kamboja gunakan atlet China di Cabor Badminton Mix Team

Salah satu pebulu tangkis putri Kamboja, Chourng Meng dicurigai merupakan atlet berkebangsaan China bernama Zhoung Meng.

Anehnya, setiap pertandingan yang dilakoni oleh Chourng Meng tidak ditampilkan di layar kaca, bahkan saat pemberian medali di podium sang atlet tidak hadir padahal tidak memiliki riwayat cedera.

Demikian sederet kekacauan dan terdapat indikasi kecurangan selama penyelenggaraan SEA Games 2023 Kamboja.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER