Kenali Perbedaan UKT dan BKT: Wajib Diketahui Calon Mahasiswa Baru

22 Mei 2024 16:05 WIB

Narasi TV

Penulis: Elok Nuriyatur

Editor: Indra Dwi

Bgai kamu calon mahasiswa baru wajib mengetahui istilah-istilah yang ada di kampus, contohnya istilah UKT dan BKT, lantas apa perbedaan UKT dan BKT?

Kedua istilah diatas erat kaitannya dengan biaya kuliah, dalam artikel ini, Narasi akan menguraikan tentang perbedaan uang kuliah tunggal (UKT) dan  biaya kuliah tunggal (BKT) serta skema pembayarannya.

Perbedaan UKT dan BKT

Uang Kuliah Tunggal (UKT) merupakan sistem pembayaran yang dilakukan mahasiswa dalam setiap semesternya yang didasarkan pada kemampuan ekonomi calon mahasiswa atau keluarganya.

Proses penentuan biaya UKT melampirkan pendapatan dari masing-masing orang tua calon mahasiswa dengan melampirkan dokumen pendukung.

UKT sendiri telah diatur melalui peraturan menteri Nomor 55 Tahun 2013 pasal 1 ayat 3. Di mana dalam peraturan tersebut dijelaskan jika mahasiswa hanya membayar komponen saja atau UKT saja.

Sementara Biaya kuliah tunggal (BKT) adalah sistem pembayaran yang diterapkan oleh beberapa institusi pendidikan tinggi, terkait pembayaran BKT jumlah biaya yang dibayar sama setiap semester atau setiap tahun akademik

Dalam BKT jumlah yang harus dibayarkan mahasiswa tidak tergantung dari kemampuan dan penghasilan orang tua, sehingga biaya kuliah setiap mahasiswa jumlahnya sama.

Untuk formula penghitungan BKT akan ditentukan berdasarkan formula berikut

BKT= C x K1 x K2 x K3

Keterangan:

C = Biaya kuliah basis (dihitung dari data yang ada di PTN tersebut)

K1 = Indeks program studi

K2 = Indeks mutu PTN

K3 = Indeks Kemahalan

Jadi jika diuraikan berikut adalah point-point perbedaan UKT dan BKT:

  • UKT dibayar setiap semester atau enam bulan sekali, semenatar BKT dak ada jadwal pembayarannya karena ini hanya merupakan hasil perhitungan biaya operasional tiap mahasiswa di program studi masing-masing.
  • UKT biaya yang ditanggung mahasiswa setiap semester dan sudah disubsidi oleh pemerintah, sementara BKR biaya keseluruhan operasional mahasiswa secara penuh tanpa dikurangi subsidi pemerintah
  • UKT dihitung dari kemampuan penghasilan orang tua, sedangkan BKT berdasarkan ketentuan kampus dan prodi masing-masing.
  • Itulah perbedaan antara UKT dan BKT, semoga membantu dan bisa menjadi panduan bagi calon mahasiswa.

 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR