Sedekah Bisa Dilakukan Semua Orang dan Tak Sesempit Memberi Uang

18 April 2023 20:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi sedekah tidak harus berbentuk uang, tetapi dapat juga menjadi relawan membersihkan lingkungan. (Sumber: Pixels/Ron Lach)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sedekah merupakan salah satu ibadah yang bernilai pahala besar, apalagi jika dijalankan pada bulan Ramadan. 

Meskipun umumnya sedekah ditunjukkan dengan membagikan harta secara sukarela, namun semua orang sebenarnya bisa bersedekah.

Orang tak harus menjadi kaya, memiliki harta yang berlimpah ruah, untuk bersedekah.

Kita juga tidak perlu khawatir sedekah akan mengurangi harta kita. Justru, Allah Swt. akan melipatgandakan nilai kebaikan yang telah kita sedekahkan.

Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Hadid ayat 18 berikut ini:

 اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ - ١٨

Artinya, "Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia," (Q. S. Al Hadid ayat 18).

Sedekah boleh dalam bentuk apapun

Sebagian dari kita menganggap bahwa sedekat itu biasanya berupa materi seperti memberikan uang, makanan, minuman, atau menu takjil kepada orang yang sedang berpuasa.

Hal tersebut tentu tidak salah, namun bukan berarti kita harus bersedekah semata-mata dengan materi.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah saw. bersabda:

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم - كل سُلامى من الناس صدقة , كل يوم تطلع فيه الشمس تعدل بين اثنين صدقة , وتعين الرجل في دابته فتحمله عليها أ, ترفع عليها متاعه صدقة , والكلمة الطيبة صدقة , وبكل خطوة تمشيها إلى الصلاة صدقة , وتميط الأذى عن الطريق صدقة " رواه البخاري ومسلم

Artinya, "Setiap anggota badan manusia diwajibkan bersedekah setiap harinya selama matahari masih terbit;"

"Kamu mendamaikan antara dua orang yang berselisih adalah sedekah;"

"Kamu menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang bawaannya ke atas kendaraannya adalah sedekah;"

"Setiap langkah kakimu menuju tempat salat juga dihitung sedekah; dan menyingkirkan duri dari jalan adalah sedekah." (H.R. Bukhari dan Muslim).

Hadis tersebut menjelaskan bahwa sedekah tidak melulu berupa uang dan oleh karenanya sedekah bukan monopoli orang-orang kaya.

Lantas apakah anak muda yang memiliki income kecil masih memiliki kesempatan untuk bersedekah? 

Jawabannya tentu bisa pasalnya seperti yang dijelaskan sebelumnya sedekah tidak hanya berupa materi namun juga non materi

Salah satu sedekah yang bisa dilakukan oleh anak muda adalah memberikan ilmu yang didapat selama masa kuliah atau sekolah, karena bersedekah dengan ilmu tidak akan membuat kamu merasa rugi.

Justru hal tersebut akan membuat kamu merasa bermanfaat untuk orang lain, selain membantu orang lain melalui ilmu kamu tentu sudah membantu dirimu sendiri karena pada dasarnya ilmu adalah sesuatu yang tidak pernah habis oleh waktu.

Selain dengan ilmu, kamu juga bisa membantu dengan tenaga, seperti menjadi relawan bencana atau sesederhana menolong seseorang yang sedang membutuhkan bantuan untuk menyeberang jalan. 

Meskipun terlihat sederhana, namun membantu orang lain sebagai sedekah memiliki banyak keutamaan dan tentu mendapat pahala besar ibadah sedekah.

Pada Ramadan tahun ini, Narasi mengajak anak muda untuk memulai segala sesuatu dengan niat dan proses yang baik. Hingga akhirnya kita semua dapat menjalani segala prosesnya hingga #KetemuJalannya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR