Keutamaan Sedekah di Hari Jumat Berdasarkan Hadis Nabi

8 Sep 2023 13:09 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi sedekah di hari Jumat. (Sumber: Pexels/Timur Weber)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Jumat merupakan salah satu hari yang sangat diistimewakan dalam agama Islam, salah satu anjuran yang dapat diamalkan di hari Jumat adalah bersedekah, lantas apa keutamaan sedekah di hari Jumat?

Sedekah sendiri merupakan salah satu amalan mulia yang dicintai Allah Swt., bersedekah merupakan salah satu bentuk wujud syukur atas karunia Allah Swt., sebagaimana firman Allah Swt. dalam surah Al-Baqarah ayat 254 berikut:

 يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْۤا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَا عَةٌ ۗ وَا لْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim.” (QS Al-Baqarah: 254).

Keutamaan sedekah sebagai sebuah ibadah juga dijelaskan Rasulullah saw. dalam hadis berikut:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى مِنْبَرِهِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا إِلَيْهِ بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَهُ وَبَيْنكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ وَبِكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ، وَالْعَلَانِيَّةِ، تُؤْجَرُوا، وَتُنْصَرُوا، وَتُرْزَقُوا

Artinya: “Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, “wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak zikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong dan diberi rizki.”” (HR. al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid). 

Di atara banyak jenis kegiatan yang dapat digolongkan sebagai sedekah, sedekah pada hari Jumat adalah salah satu yang paling utama.

Hal tersebut sebagaimana hadis Rasulullah saw. yang terhimpung dalam kitab al-Umm karangan Imam al-Syafi’i berikut: 

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

“Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca selawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya selawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Nabi bersabda, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, hal. 239).

Keutamaan sedekah di hari Jumat

Bersedekah di hari Jumat memiliki berbagai keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaannya.

1. Mendapat keberkahan yang berlipat-lipat

Mengutip dari laman NU Online, keutamaan bersedekah salah satunya Allah akan mengganti harta yang disedekahkan dengan keberkahan, seperti dalam keterangan hadis Nabi Muhammad saw. berikut:

مَا أَحْسَنَ عَبْدٌ الصَّدَقَةَ إِلَّا أَحْسَنَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ الْخِلَافَةَ عَلَى تِرْكَتِهِ

Artinya: “Tidaklah seorang hamba memperbaiki sedekahnya kecuali Allah memperbaiki pengganti atas harta tinggalannya.” (HR. Ibnu al-Mubarak).

2. Mendapatkan doa dari malaikat

Keutamaan sedekah di hari Jumat selanjutnya adalah mendapat doa dari para malaikat. Keterangan ini mengutip hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah ra. yang berkata bahwa Nabi Muhammad saw. bersabda:

 مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Artinya: “Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak.” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah.”” (HR Bukhari dan Muslim).

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER