Keutamaan Sholat Tahajud 40 Hari Berturut-Turut Menurut Islam

15 Jul 2024 20:07 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi sujud salat tahajud. (Sumber: Pexels/Michael Burrows)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Sholat Tahajud merupakan salat sunah yang memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan,  terlebih jika dilakukan selama 40 hari berturut-turut.

Kendati sebuah ibadah sunah, namun keutamaan salat Tahajud disebutkan dalam Al-Qur’an surah Al-Isra ayat 79:

 وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Artinya: Pada sebagian malam, hendaklah kau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkatmu ke derajat terpuji. (Q.S. Al-Isra: 79)

Keutamaan salat Tahajud juga dijelaskan Rasulullah saw. sebagai ibadah salat yang hanya setingkat di bawah salat fardu lima waktu. Hal tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis berikut:

 عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَرْفَعُهُ. قَالَ: سُئِلَ أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ وأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ: أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ الصَّلاَةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ صِيَامُ شَهْرِ اللهِ الْمُحَرَّمِ . (رواه مسلم)

Artinya: Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra., dan ia marfu'-kan kepada Nabi Muhammad saw., ia berkata, "Nabi Muhammad saw. ditanya salat apa yang paling utama setelah salat maktubah dan puasa apa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadan?" Lalu, Nabi Muhammad saw. menjawab, "Salat paling utama setelah salat maktubah adalah salat di tengah malam dan puasa paling utama setelah puasa bulan Ramadan adalah puasa bulan Allah, Muharam." (HR Muslim)

Menurut Quraish Shihab, dalam bukunya Menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui (2008) menjelaskan, salah satu keutamaan salat Tahajud adalah ibadah ini dilaksanakan pada waktu mustajab doa, yakni pada tengah atau akhir malam—termasuk dalam sepertiga malam terakhir.

Hal tersebut, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berikut:

 يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي، فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ، مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, 'Orang yang berdoa kepadaKu akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni." (HR. Bukhari dan Muslim)

Keutamaan sholat Tahajud 40 hari berturut turut

Pada dasarnya tidak ada dalil khusus yang menjelaskan keutamaan sholat tahajud 40 hari berturut turut, namun dalam sebuah penelitian menunjukkan salat Tahajud memiliki manfaat terhadap kesehatan mental.

Hal tersebut diungkapkan Agustia Linta Saputri dalam skripsinya berjudul "Terapi Shalat Tahajjud bagi Kesehatan Mental Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Lampung" (2018).

Dalam skripsi tersebut dijelaskan bahwa salat Tahajud dapat dijadikan sebagai terapi yang berguna untuk menenangkan jiwa. Hal tersebut dapat dicapai dengan membiasakan diri melakukan salat Tahajud secara berturut-turut selama 40 hari.

Namun, jika merujuk pada dalil, terdapat berbagai keutamaan yang dapat dipetik ketika mengamalkan salat Tahajud—kendati tidak menyebutkan keharusan melakukannya selama 40 hari berturut-turut.

Salah satu keutamaan tersebut, sebagaimana dinukil dari NU Online, adalah menjadi bagian dari umat yang dibanggakan oleh Allah kepada para malaikat.Dalam sebuah atsar disebutkan: 

 إن الله يعجب من العبد إذا قام من على فراشه وبين أهله إلى صلاته ويباهى به ملائكته ويقبل عليه بوجهه الكريم

Artinya: Sesungguhnya Allah membanggakan hambanya kepada para malaikat ketika hamba tersebut berdiri meninggalkan tempat tidurnya dan keluarganya menuju shalat dan Allah menerima hamba tersebut. (Habib Abdullah bin Alwi al-Haddad, Risalatul Mu’awanah wal-Mudzaharah wal-Muazarah, [Darul Hawi: 1994], halaman: 40-41). 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER