Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Sholat Tahajud di Sepertiga Malam

12 Mar 2024 04:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi berzikir sebagai salah satu cara mengatasi rasa takut ketika melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam. (Sumber: Pexels/Michael Burrows)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Salah satu godaan beribadah shalat tahajud adalah perasaan takut, merasa seolah-olah ada kehadiran makhluk lain yang mengawasi. Oleh karenanya, terdapat beberapa cara untuk mengatasi rasa takut saat sholat tahajud.

Akan tetapi, sebelum membahasnya lebih jauh, kita perlu mengetahui tentang tahajud. Salat sunah satu ini adalah salat sunah yang dikerjakan di sepertiga malam terakhir ketika semua orang terlelap dalam tidurnya.

Mengutip laman NU Online, salat yang dilakukan di sepertiga malam setelah terjaga dari tidur ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Seperti yang telah Allah Swt. firmankan dalam surah Al Isra ayat 79 yang berbunyi:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا  

Artinya: "Pada sebagian malam lakukanlah shalat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Tidak hanya itu, bahkan Nabi Muhammad saw. memasukan salat tahajud sebagai ibadah yang sangat istimewa karena menjadi salah satu ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah dengan segala keberkahanNya.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah saw. menjelaskan mengenai keutamaan salat tahajud yakni merupakan waktu yang sangat tepat untuk meminta kepada Allah Swt.

Dalam hadis tersebut, Rasulullah saw. bersabda:

 يَنْزِلُ رَبُّنَا، تَبَارَكَ وَتَعَالَى، كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الْآخِرُ، فَيَقُولُ: مَنْ يَدْعُونِي فَأَسْتَجِيبَ لَهُ؟ مَنْ يَسْأَلُنِي فَأُعْطِيَهُ؟ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِي فَأَغْفِرَ لَهُ  

Artinya: "Allah, Yang Maha Suci dan Maha Tinggi, turun ke langit dunia setiap malam di saat sepertiga malam terakhir. Dia berfirman, 'Siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku memenuhi permohonannya. Siapa yang meminta kepada-Ku, pasti Aku berikan kepadanya. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku, pasti Aku ampuni dosanya."

Cara mengatasi rasa takut saat sholat tahajud

Dalam prakteknya, ada beberapa orang yang takut untuk bangun di sepertiga malam untuk menjalankan salat tahajud. 

Untuk mengatasinya, berikut tips untuk menghilangkan rasa takut ketika melaksanakan sholat tahajud:

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER