Keutamaan Umroh Bulan Ramadhan, Benarkah Pahalanya Setara Haji?

22 Mar 2024 16:03 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi ibadah umrah di bulan Ramadan. (Sumber: Pexels/Muhammad Khawar Nazir)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Kerap kali kita melihat umat Islam melakukan ibadah umroh pada bulan Ramadhan. Lantas apa keutamaan umrah saat bulan puasa ini?

Ibadah umrah yang dilakukan pada bulan Ramadan banyak memberikan keuntungan dan keutamaan yang tidak bisa didapatkan di waktu-waktu lainnya.

Hal tersebut dikarenakan pada bulan suci Ramadan, semua amalan saleh dilipatgandakan pahalanya oleh Allah Swt. 

Penjelasan mengenai dilipatgandakannya pahala selama Ramadan ini sesuai dengan hadis Rasulullah saw. yang tercatat dalam kitab Mu'jamus Shagir. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ummi Hani' binti Abi Thalib karramallahu wajhah tersebut, Rasulullah saw. bersabda:

 (إِنَّ أُمَّتِيْ لَمْ يَخِزُّوْا مَا أَقَامُوْا شَهْرَ رَمَضَانَ). قِيْلَ يَا رَسُوْلَ الله وَمَا خَزِيُهُمْ فِي إِضَاعَةِ شَهْرِ رَمَضَانَ؟قالاِنْتِهَاكُ الْمَحَارِمِ فِيْهِ مِنْ زِنَا فِيْهِ أَوْ شَرِبَ فِيْهِ خَمْرًا لَعَنَهُ اللهًُ وَمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ إِلَى مِثْلِهِ مِنَ الْحَوْلِ فَإِنْ مَاتَ قَبْلَ أَنْ يُدْرِكَهُ رَمَضَانُ لَمْ تَبْقَى لَهُ عِنْدَ اللهِ حَسَنَةٌ يتقي بها النار فَاتَّقُوا شَهْرَ رَمَضَانَ فَإِنَّ الْحَسَنَاتِ تُضَاعَفُ فِيهِ مَا لَا تُضَاعَفُ فِيْمَا سِوَاهُ وَكَذَلِكَ السَّيِّئَاتُ).

Artinya: "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, 'Sesungguhnya umatku tidak akan terhina, selama mereka mendirikan bulan Ramadan.' Sahabat bertanya: 'Wahai Rasulullah, apa bentuk kehinaan mereka dalam menyia-nyiakan bulan Ramadhan?' Rasulullah menjawab, 'Pelanggaran terhadap hal-hal yang haram pada bulan Ramadan, seperti zina atau minum khamr. Allah dan para malaikat melaknatnya hingga tahun berikutnya. Jika ia meninggal sebelum bulan Ramadan berikutnya, maka ia tidak mempunyai kebaikan apa pun di sisi Allah yang bisa menyelamatkannya dari neraka. Oleh sebab itu, berhati-hatilah terhadap bulan Ramadan, karena pahala kebaikan demikian juga ganjaran kejelekan akan dilipat gandakan."

Keutamaan umrah pada bulan Ramadan

Mengutip NU Online, dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah, dikatakan bahwa Rasulullah saw. menjelaskan perkara keutamaan umrah pada bulan Ramadan.

Menurut hadis Nabi Muhammad saw. berikut ini, dijelaskan pahala umrah pada bulan Ramadan dapat menyamai pahala ibadah haji.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عُمْرَةٌ فِي رَمَضَانَ تَعْدِلُ حَجَّةً

Artinya: “Dari Ibnu Abbas ra. ia berkata, Rasulullah saw. bersabda: Umrah di bulan Ramadan menyamai ibadah haji.” (HR. Ibnu Majah)

Dalam kitab At-Taysir bi Syarhi Jami‘is Shaghir karangan Abdurrauf al-Munawi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan ibadah umrah di bulan puasa Ramadan sama dengan ibadah haji adalah dari sisi pahalanya. 

Hal ini berarti bahwa ibadah umrah di bulan puasa Ramadan tidak dengan serta merta menggugurkan kewajiban haji. 

Baca Selengkapnya

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER