Kilas Balik MotoGP Mandalika 2023: Aksi Kocak Jack Miller Angkat Galon hingga Kemenangan Francesco Bagnaia

16 Oct 2023 22:10 WIB

thumbnail-article

Pembalap Jack Miller mengangkat galon air dalam seri MotoGP Mandalika 2023. (Sumber: Instagram/MotoGP)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Saat memulai rangkaian MotoGP Mandalika 2023 di Sirkuit Mandalika, Lombok pada Jumat (13/10/2023), momen menarik terjadi dengan cuaca yang sangat panas di Mandalika. Keadaan ini membuat sejumlah pembalap terlihat kelelahan setelah mengikuti sesi latihan bebas.

Salah satunya adalah Jack Miller, pembalap pabrikan KTM. Untuk menghindari dehidrasi, pembalap asal Australia ini melakukan sesuatu yang unik yaitu mengangkat galon air sendiri.

Aksi ini tertangkap dalam sebuah video yang diunggah di akun resmi Instagram MotoGP. Dalam video tersebut, terlihat Jack Miller mengangkat galon air dan membawanya ke paddock.

Dalam caption unggahan Instagram milik MotoGP tersebut tertulis, "Menanggung semua tanggung jawab untuk memastikan agar paddock MotoGP tetap terhidrasi."

Jack Miller sendiri menuntaskan GP Mandalika 2023 dengan catatan cukup positif. Pada sesi latihan bebas 1 atau FP1, ia berhasil finis di posisi tujuh. Selanjutnya, ia menempati urutan kesembilan pada sesi latihan bebas berikutnya.

Hasil ini membawa Jack Miller langsung lolos ke Q2 atau kualifikasi kedua yang akan berlangsung pada hari Sabtu (14/10/2023). Ini memberinya kesempatan lebih baik untuk mendapatkan posisi yang menguntungkan di balapan utama.

Hasil MotoGP Mandalika 2023

Balapan sepanjang 27 lap di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (15/10/2023) berhasil dimenangkan oleh Francesco Bagnaia dari tim Ducati Lenovo.

Maverick Vinales dari tim Aprilia Racing finis di posisi kedua, diikuti oleh Fabio Quartararo yang berhasil melengkapi podium.

Sedangkan Jorge Martin, yang sempat memimpin balapan dengan selisih tiga detik, gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh di tikungan ke-11 pada lap ke-13.

Juara dunia 2022 Francesco Bagnaia merasakan tekanan setelah kekalahan Jorge Martin dalam sprint race pada Sabtu (14/10/2023) kemarin. Akibatnya, ia harus memulai balapan pada hari ini dari posisi ke-13.

Bagnaia semakin merasakan tekanan ketika Jorge Martin memulai balapan dengan sangat baik. Pembalap Pramac Ducati ini memulai balapan dari posisi keenam dan segera naik ke posisi terdepan sejak tikungan pertama.

Namun, Bagnaia juga memulai balapan dengan kuat. Ia naik ke posisi kelima dan kemudian ke posisi keempat setelah Luca Marini terjatuh karena tersenggol oleh Brad Binder.

Pada lap ketiga, Bagnaia berhasil naik ke posisi ketiga. Namun, ia masih tertinggal 1,8 detik dari Maverick Vinales yang berada di posisi kedua.

Fabio Quartararo mengalami penurunan performa setelah itu, bersaing dengan Aleix Espargaro dan Brad Binder. Pada lap keempat, Quartararo berada di posisi keenam. Binder kemudian dikenai hukuman long lap penalty karena insiden yang membuat Marini terjatuh.

Binder menjalani hukumannya pada lap keenam dan turun ke posisi ke-10 setelah menyelesaikan long lap penalty. Di depan, Martin unggul 1,6 detik dari pesaing terdekatnya, Maverick Vinales.

Pada lap kedelapan, Marc Marquez terjatuh di tikungan ke-13. Pembalap Repsol Honda ini melanjutkan catatan buruknya di Mandalika setelah gagal menyelesaikan sprint race pada Sabtu (14/10/2023) kemarin.

Pada lap ke-13, Jorge Martin mengalami kecelakaan di tikungan ke-11 ketika unggul tiga detik dari Vinales. 

Dengan raihan positif Bagnaia di GP Mandalika tersebut, ia kini menempati peringkat pertama klasemen sementara MotoGP 2023.

Pembalap asal Italia tersebut kini telah mengoleksi 346 poin, unggul 18 poin dari Jorge Martin di peringkat kedua.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER