Komnas HAM Gali Informasi dari Keluarga Brigadir J: Dalami Peretasan Ponsel

17 Juli 2022 21:07 WIB

Narasi TV

Editor: Akbar Wijaya

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) telah menemui keluarga Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat (J) di Desa Sukamakmur, Kecamatan Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Sabtu (17/7/2022). Komnas HAM menerima sejumlah keterangan keluarga di antaranya berupa foto, video, hingga informasi peretasan ponsel.

"Kami diberikan banyak keterangan, banyak foto, dan video oleh pihak keluarga," kata Anggota Komnas HAM Mohammad Choirul Anam dalam keterangan kepada wartawan, Minggu (17/7/2022) dikutip dari Antara.

Anam mengatakan pihaknya telah menanyakan ke pihak keluarga mengenai konteks saat foto dan video diambil. Selain itu Komnas HAM juga mendalami informasi peretasan ponsel milik keluarga

"Kami mendapatkan informasi kapan peretasan dilakukan, polanya seperti apa, dan lainnya," ujarnya.

Anam menyambut baik informasi yang diberikan keluarga Brigadir J. Hal itu diperlukan untuk mengungkap peristiwa sebenarnya terkait kematian Brigadir J. Anam menambahkan Komnas HAM juga berkeinginan meminta keterangan Putri Candrawati, istri Ferdy Sambo. Namun Komnas HAM menghormati keputusan istri Ferdy Sambo jika ingin mendapat pendampingan psikologis.

"Kalau memang dibutuhkan pendamping psikologis, Komnas HAM setuju dan menghormatinya," kata Anam.

Selain itu, lanjutnya, Komnas HAM juga akan meminta keterangan dari dokter forensik, polisi, dan tim siber yang menangani kasus tersebut; bahkan Ferdy Sambo pun tak luput untuk dimintai keterangan atas kematian Brigadir J.

Menurut Anam, pengumpulan data-data dan keterangan dari berbagai pihak tersebut sangat dibutuhkan agar peristiwa tewasnya Brigadir J. di kediaman Ferdy Sambo bilangan Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jum'at (8/7/2022) bisa diungkap berdasarkan fakta.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR