Cegah Macet Panjang Mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri Bentuk Tim Urai Kemacetan

27 Maret 2024 14:03 WIB

Narasi TV

Dokumentasi Kendaraan terjebak macet di Jalur Pantura Tegal, Jawa Tengah, Minggu (17/6/2018). Sumber: ANTARA.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri berencana membentuk sebuah tim yang bertugas untuk mengatasi kemacetan dan mencegah kepadatan kendaraan selama periode arus mudik Lebaran 2024.

Kakorlantas Polri, Irjen Aan Suhanan, telah mengalokasikan sejumlah sepeda motor yang akan didistribusikan kepada tim pengurai kemacetan di wilayah Polda Banten hingga Polda Jawa Timur.

Menurut Irjen Aan Suhanan, tim ini akan difokuskan pada upaya memperlancar arus lalu lintas dan menjamin keselamatan masyarakat selama musim mudik.

Dalam keterangannya, Aan mengungkapkan bahwa akan ada distribusi sebanyak 500 kendaraan roda dua untuk mendukung Sub Satgas Urai Macet.

"Kami akan membentuk tim pengurai kemacetan dan mendistribusikan 500 kendaraan roda dua untuk mendukung Sub Satgas Urai Macet sehingga dapat mengoptimalkan, memperlancar, dan menjamin keselamatan masyarakat saat mudik," ungkap Aan dilansir dari CNN Indonesia pada Rabu (26/3/2024).

Aan juga menjelaskan bahwa tim tersebut akan memiliki strategi khusus dalam menjaga kelancaran arus lalu lintas selama masa mudik, mengingat adanya perkiraan peningkatan jumlah pemudik hingga mencapai 193 juta orang pada tahun ini.

"Melihat hasil analisis dan evaluasi dari tahun sebelumnya, terdapat banyak titik rawan yang menyebabkan kemacetan dan perlambatan, terutama bagi pengemudi yang berhenti di pinggir jalan atau mengalami gangguan lainnya," tambahnya.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR