Kupas Tuntas Tentang Moodboard, Kamu Perlu Untuk Tahu!

21 Dec 2022 02:12 WIB

thumbnail-article

null

Penulis: Khairul Ilham

Editor: Margareth Ratih. F

Moodboard adalah salah satu komponen yang sangat penting bagi seorang desainer dalam membuat suatu karya. Mungkin istilah yang satu ini terdengar asing di telingamu, tetapi, bagi orang-orang yang baru terjun dalam dunia desain, ini adalah hal yang lumrah.

Nah, supaya kamu tidak bingung dengan istilah Moodboard, Narasi akan mengupas tuntas detail penjelasannya. Yuk simak di bawah!

Apa itu Moodboard ?

Menurut salah satu senior desainer, Laurena Fortuna, yang bekerja sebagai salah satu senior desain interior di Yogyakarta, Moodboard Adalah gambaran detail dari pikiran yang ada dalam otak manusia, yang biasanya untuk dibuat untuk tujuan-tujuan desain atau presentasi dengan klien.

“Moodboard adalah kumpulan atau komposisi gambar atau visual yang kita kumpulkan untuk keperluan desain yang akan dipresentasikan kepada orang lain atau klien” ungkap Laurena (20/12/2022).

Ia juga menambahkan bahwa moodboard sangat penting bagi desainer untuk mengerjakan suatu proyek. Dalam hal ini moodboard akan sangat membantu desainer supaya bisa fokus pada inti permasalahan dari proyek tersebut.

Pada dasarnya moodboard memang penting bagi desainer karena dapat membantu mereka untuk mengetahui bagaimana cara membuat tema untuk suatu proyek desain. Jadi bisa disimpulkan bahwa moodboard bisa menjadi panduan bagi desainer dalam mengembangkan proyek bisnisnya.

Melansir dari Smart Bug Media, sampel yang bisa dimasukkan ke dalam moodboard ada beberapa, yaitu: 

  1.     Gambar
  2.     Font
  3.     Warna
  4.     Grafik
  5.     Pola

Manfaat dari moodboard

Manfaat dari moodboard sendiri adalah untuk membantu klien memvisualkan ide yang ada dalam benak mereka dalam membuat suatu gambaran desain dan desainer akan mendetailkan gambaran umum dari klien. Maka dari itu dari ide visual yang sudah dikeluarkan oleh klien bisa dirinci lagi oleh seorang desainer.

Selain itu moodboard juga sangat berguna bagi tim ketika akan mengkomunikasikan konsep ke seluruh tim desain ataupun kreatif.

Cara membuat moodboard

Secara sederhana pembuatan moodboard adalah mengumpulkan beragam gambar, warna atau objek lain dalam satu wadah yang ada. Cara membuat moodboard bisa dilakukan secara fisik ataupun digital.

  • Moodboard digital

Kamu bisa membuat moodboard secara digital dan tidak sulit. Kamu bisa menggunakan beberapa situs yang memungkinkan desainer untuk membuat moodboard secara langsung. Kamu bisa menggunakan Pinterest, Sampleboard, Moodboard Lite, Milanote, dan lain-lain.

  • Moodboard fisik

Jika kamu tertarik untuk membuat moodboard secara fisik kamu harus menyiapkan bahan seperti papan sebagai alas, gambar, dan lain-lainnya. Kamu harus memasukkannya dengan koleksi gambar dari majalah, koran atau gambar kamu sendiri.

Cara membuat moodboard fisik lebih menguras tenaga dibandingkan dengan yang digital. Karena kamu harus menemukan koleksi-koleksi gambar yang banyak dengan wujud fisik serta menempelkannya ke papan yang telah disediakan.

 

Demikian adalah pembahasan tentang moodboard yang sudah narasi rangkum semoga bermanfaat, khususnya bagi kamu yang hendak menekuni bidang desain apapun.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER