Link Streaming Indonesia Vs Australia di 16 Besar Piala Asia 2023 Malam Ini

28 Januari 2024 16:01 WIB

Narasi TV

Sejumlah pesepakbola Timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Lusail, Qatar, Sabtu (27/1/2024). Timnas Indonesia akan bertanding melawan Australia pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar pada Minggu (28/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/pras.

Penulis: Indra Dwi Sugiyanto

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Timnas Indonesia akan melakoni laga menghadapi Australia di babak 16 besar Piala Asia 2023 malam ini. Duel Australia vs Indonesia akan digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, pukul 18.30 WIB pada Minggu (28/1/2024). 

Di atas kertas, Australia diunggulkan dalam berbagai hal dibandingkan Indonesia. Di sisi lain, ini merupakan kali pertama Merah Putih berlaga di fase gugur Piala Asia. Sehingga, apapun hasilnya, laga menghadapi Australia akan menjadi sejarah tersendiri bagi sepakbola nasional.

"Bermain di 16 besar sangat berarti bagi Indonesia dan para pemain bersiap mengeluarkan upaya terbaik. Kami tahu ini akan sulit tetapi kami akan berusaha sebaik mungkin," ujar Arhan jelang laga dikutip situs resmi AFC.

Untuk diketahui, Australia lolos ke babak 16 besar dengan status juara Grup B. Mereka mengemas tujuh poin seusai mengalahkan India dan Suriah serta bermain imbang menghadapi Uzbekistan. Sementara itu, Indonesia lolos sebagai peringkat tiga Grup D dengan tiga poin, hasil mengalahkan Vietnam. Selain itu, Australia lebih diunggulkan untuk melaju ke perempatfinal. Sebab, pasukan Graham Arnold juga punya ranking FIFA yang lebih baik dari Tim Garuda.

Australia kini berada di posisi ke-25 ranking FIFA, jauh di atas Indonesia yang menempati peringkat ke-146. Australia Siap-siap Adu Penalti Indonesia hanya dua kali menang dalam 13 pertemuan dengan Australia, itu pun terjadi puluhan tahun silam.

Kemenangan pertama dipetik Timnas Indonesiadengan skor 2-0 di Kualifikasi Olimpiade zona Asia pada 1 Januari 1960. Berikutnya, Indonesia menang atas Australia dengan skor 1-0 pada Kualifikasi Piala Dunia 1982 zona Asia Oseania. Australia tak mau bersikap arogan dan jemawa meski diunggulkan dalam berbagai aspek. Mereka tetap mengantisipasi kemungkinan laga berlanjut sampai adu penalti.

"Kami sekarang di babak eliminasi dan kami akan memanfaatkan sedikit waktu setelah latihan untuk melatih tendangan penalti," ujar penyerang Australia Martin Boyle.

Martin Boyle mengakui timnya mengincar kemenangan pada 90 menit pertandingan menghadapi Indonesia. "Tapi rasanya adu penalti itu bagian dari permainan yang perlu dipersiapkan semua orang dan pastinya akan ada semacam rencana pertandingan," imbuhnya.

Jadwal 16 besar Piala Asia 2023:

Pertandingan: Australia vs Indonesia

Stadion: Jassim Bin Hamad, Al Rayyan
Jadwal: Minggu 28 Januari 2024

Pukul 18.30 WIB (Vision+)

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR