Lirik dan Makna Lagu “Terus Terang” Maliq & D’Essentials, Cocok untuk Mewakili Perasaan

24 Juni 2024 14:06 WIB

Narasi TV

MALIQ & D'Essentials - Terus Terang (Official Lyric Video) / YouTube

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Maliq & D’Essentials baru saja merilis album CAN MACHINES FALL IN LOVE? pada Kamis (30/5/2024). Album tersebut terdiri dari tujuh lagu, salah satunya berjudul “Terus Terang”. Lagu ini langsung menarik perhatian pendengarnya karena bercerita tentang cinta bertepuk sebelah tangan. Berikut lirik dan makna lagu “Terus Terang” karya Maliq & D’Essentials.

Album CAN MACHINES FALL IN LOVE? merupakan album ke-9 Maliq & D’Essentials yang dirilis pada Kamis (30/5/2024). Lagu-lagu dalam album ini tidak terlalu diambil pusing oleh para anggota Maliq & D’Essentials. Pemilihan aransemen musiknya mengalir tanpa ada rencana khusus.

Lagu-lagu dalam album CAN MACHINES FALL IN LOVE? cukup membekas dan menuai respon positif dari para pendengarnya. Ada beberapa lagu dalam album tersebut yaitu “Intro”, “Dadidu di Dada”, “Aduh”, “Terus Terang”, “Kita Bikin Romantis”, “Begini Begitu”, dan “Hari Terakhir”.

Meski begitu, lagu-lagunya disesuaikan dengan apa yang relevan saat ini, khususnya tentang percintaan. Tak heran jika lagu-lagunya sangat relate bagi sebagian orang, salah satunya yang berjudul “Terus Terang”.

Makna lagu “Terus Terang”

“Terus Terang” bercerita tentang seseorang yang sedang jatuh cinta. Ia sangat mengenali setiap detail orang yang disukai. Namun sayang, ia tidak bisa mengungkapkan perasaan tersebut karena orang yang disukainya justru memiliki rasa dengan orang lain.

Perasaan cinta yang datang karena kedekatan. Sekuat apapun berusaha menahan, tetapi ia tidak bisa membendung perasaan cinta terhadap temannya. Hal ini ditunjukkan dalam liriknya: “Oh teman sayangnya ku tak bisa menahan perasaan”.

Ia tidak bisa mengungkapkan dalam kata-kata. Biasanya ada berbagai hal yang menjadi alasan menyimpan diam-diam rasa yang tumbuh. Salah satunya karena tidak ingin merusak hubungan pertemanan yang sudah terbangun sebelumnya.

Harapannya tertuang dalam lirik: “Lihat binar mataku jatuh ke dalam. Berharap bisa berterus terang. Lelah mengalah, semua ini kupendam. Padahal aku yang selalu”. Suatu saat ia akan mengungkapkan isi hatinya. Namun, biarkan kali ini orang yang disukainya mencoba melihat dalam bola matanya.

Meski begitu, ia terus bertanya-tanya sampai kapan perasaan itu akan dipendam. Hal ini tertuang dalam lirik: “Adakah ku juga yang kau harapkan? Adakah harapan bila ku berterus terang? Adakah ku sedikit di hatimu?”. Sebuah pertanyaan yang hanya bisa terjawab ketika ia berani mengungkapkan isi hatinya.

Lirik lagu “Terus Terang”

[Verse 1]

Oh sialnya aku cinta kepadamu

Menyesakkan dada namun aku terus

Menaruh harapan ke hati yang belum tentu

Untuk aku

[Verse 2]

Oh sialnya kamu sungguh cantik

Dalam tidur pun kudengar kau berbisik

Oh teman sayangnya ku tak bisa menahan

Perasaan

[Chorus]

Lihat binar mataku jatuh ke dalam

Berharap bisa berterus terang

Lelah mengalah, semua ini kupendam

Padahal aku yang selalu

Selalu

[Verse 3]

Luar dalam paling tahu tentang kamu

Cepat atau lambat hati kan mengaku

Coba lihat aku, aku dulu

Lihat aku, aku yang di depanmu

[Chorus]

Lihat binar mataku jatuh ke dalam

Berharap bisa berterus terang

Lelah mengalah, semua ini kupendam

Padahal aku yang selalu



[Bridge]

Hari-hari kudengarkan kau bercerita

Tentang kisah kau dan dia

Suatu hari akankah kugantikan dia?

Cerita itu tentang kita

(Berharap bisa berterus terang)

Lelah mengalah, semua ini kupendam

Padahal aku yang selalu

[Chorus]

Lihat binar mataku jatuh ke dalam

Berharap bisa berterus terang

Lelah mengalah, semua ini kupendam

Padahal aku yang selalu

Selalu

[Outro]

Anganku melayang, dirimu terbayang-bayang

Adakah ku juga yang kau harapkan?

Adakah harapan bila ku berterus terang?

Adakah ku sedikit di hatimu?

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR