LIVE REPORT: Pantauan Arus Mudik Gerbang Tol Kalikangkung yang Mulai Dipadati Pemudik

20 April 2023 09:04 WIB

Narasi TV

Tol Kalikangkung. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Gerbang Tol Kalikangkung terpantau sudah dipadati pemudik pada Rabu, 19 April 2023 malam. Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol. Agus Suryonugroho menyebut bahwa arus kendaraan yang melintas di Kalikangkung mencapai lebih dari 3.000 kendaraan per jam.

Hingga pukul 21.30 WIB, setidaknya ada 4.500 kendaraan melintas di GT Kalikangkung setiap jamnya. Mulai banyak kendaraan besar atau bus yang melintas di sini. Oleh karena banyak kendaraan yang ingin melintas, antrean di gate sempat memanjang hingga puluhan kilometer. Hal tersebut menyebabkan kemacetan dan padat merayap.

Petugas harus mengambil langkah untuk memberlakukan sistem satu arah hingga pintu keluar Bawen, Kabupaten Semarang sebagai buah dari peningkatan kendaraan. Hingga kini belum diketahui kapan one way akan diberhentikan.

Dampak one way

Dampak penerapan one way adalah kepadatan di arus dalam kota dan exit tol. Walaupun demikian, petugas memastikan bahwa kepadatan arus di dalam kota Semarang bisa dikendalikan sehingga tidak akan menimbulkan kemacetan panjang.

Menurut Kombes. Pol Agus Suryonugroho, puncak arus mudik gerbang Kalikangkung terjadi pada Rabu malam. Sebelumnya, kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Kalikangkung alami peningkatan selama empat hari terakhir, terlebih mendekati Hari Raya Idulfitri.

Oleh karena trafiknya yang terus meningkat, pengelola jalan tol sempat mengambil tindakan untuk menambah jumlah gardu Gerbang Tol Kalikangkung Semarang pada Minggu, 16 April 2023. Total gardu yang beroperasi di GT ini sebanyak 15 gardu dengan alasan agar antrean tidak terlalu panjang.

Dilansir dari Antara, sebelumnya PT Jasamarga Semarang Batang memperkirakan jumlah kendaraan yang masuk ke Jawa Tengah melalui GT Kalikangkung Semarang mencapai 636.418 unit. Prediksi puncak arus mudik jatuh pada hari Rabu, 19 April 2023 hingga Kamis dini hari.

Oleh karena itu, untuk mengatasi kemacetan panjang pada puncak arus mudik, Korlantas Polri pun memperpanjang rekayasa lalu lintas satu arah. Rekayasa tersebut dimulai dari Tol Cipali Km. 72 hingga Kalikangkung Km. 414 mulai sejak Rabu, 19 April 2023 pukul 12.00 hingga Kamis dini hari.

Polisi tetap menghimbau agar masyarakat mematuhi aturan dan terus menyimak informasi penanganan mudik melalui media sosial. Hal tersebut dilakukan agar perjalanan mudik tetap berjalan lancar dan aman.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR