Diskon Tarif Tol Mudik 2023: Kemudahan untuk Masyarakat yang Ingin Pulang Kampung!

19 April 2023 15:04 WIB

Narasi TV

Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan akses Taman Mekar. Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Pemerintah memberikan kemudahan dengan memberikan potongan tarif tol mudik di beberapa titik jalan tol yang ada di Indonesia. Potongan tarif tol tersebut diberikan pada periode 16-18 April dan arus balik 26-28 April 2023 untuk semua golongan kendaraan.

Beberapa ruas tol yang memberikan potongan tarif tol antara lain Tol Kayuagung-Palembang, Tol Tangerang-Merak, dan Tol Cibitung-Cilincing.

Pada Tol Kayuagung-Palembang, Waskita Toll Road memberikan diskon tarif tol sebesar 20 persen untuk semua golongan kendaraan.

Potongan tarif tol mudik tersebut berlaku pada periode yang sama dengan periode pemberian potongan tarif tol secara nasional, yaitu 16-18 April dan arus balik 27-29 April 2023.

Selain itu, PT Marga Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Mandalasakti memberikan diskon tarif tol di ruas Tol Tangerang-Merak sebesar 20 persen pada tanggal 16-18 April dan 27-28 April 2023.

Tidak hanya itu, PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways juga memberikan diskon tarif Tol mudik rute Cibitung-Cilincing pada 14-30 April 2023.

Diskon variatif

Besaran potongan tarif tol bervariasi tergantung pada golongan kendaraan. Untuk Golongan I, diskon tarifnya sebesar 15 persen, sedangkan untuk Golongan II dan III sebesar 44 persen, dan Golongan IV dan V sebesar 58 persen.

Pemberian potongan tarif tol ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang ingin mudik pada saat libur panjang.

Namun, perlu diingat bahwa tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti melakukan tes COVID-19 dan mematuhi pembatasan kapasitas penumpang pada kendaraan umum.

Selain itu, bagi ASN yang ingin mudik, harus mematuhi aturan yang berlaku terkait penggunaan mobil dinas.

Demikianlah informasi mengenai potongan tarif tol mudik pada tahun 2023 yang dapat disampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik.

Namun, perlu diingat bahwa potongan tarif tol mudik ini hanya berlaku pada periode tertentu dan pada ruas tol yang telah ditentukan saja. Selain itu, masyarakat juga perlu memperhatikan kondisi kendaraan dan melakukan persiapan sebelum melakukan perjalanan agar dapat terhindar dari kerusakan dan kecelakaan yang tidak diinginkan.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR