Manchester City Juara Liga Inggris, Arsenal Apes Harus Kembali Puasa Gelar

23 May 2023 18:05 WIB

thumbnail-article

Ilkay Gundogan dari Manchester City mengangkat trofi saat ia merayakan dengan rekan setimnya setelah memenangkan Liga Premier pada 21 Mei 2023. Reuters/Lee Smith

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Manchester City akhirnya keluar sebagai juara Liga Inggris musim 2022-2023 usai Arsenal tumbang dalam laga melawan Nottingham Forest pada Sabtu (20/05/2023).

Dengan hasil tersebut, Arsenal harus kembali memperpanjang puasa gelar Liga Inggris mereka setelah terakhir kali The Gunners mengangkat piala Liga Inggris pada musim 2003-2004.

Lantas bagaimana perjalanan kedua tim dalam perebutan tahta Premier League hingga keluar menjadi kampiun? 

Simak perjalanan Manchester City dan Arsenal dalam perebutan gelar Liga Inggris musim 2022-2023.

Perjalanan Manchester City dan Arsenal di Liga Inggris musim 2022-2023

Sejak awal musim The Cityzen kalah start dari Arsenal. Dalam lima laga awal musim 2022-2023, Arsenal menyapu bersih dengan lima kemenangan.

Lima kemenangan beruntun anak asuh Mikel Arteta tersebut didapatkan saat melawan Crystal Palace, Leicester City, Bournemouth, Fulham, dan Aston Villa.

Sementara Manchester City meraih empat kemenangan dan sekali hasil imbang dalam lima laga awal Liga Inggris musim ini.

Empat kemenangan anak asuh Pep Guardiola tersebut dapatkan dalam laga kontra West Ham, Bournemouth, Crystal Palace, dan Nottingham Forest. Sementara hasil imbang didapat The Cityzen ketika melawan Newcastle United.

Pasukan Meriam London sempat tersandung pada pekan keenam setelah menelan pil pahit saat melawan Manchester United. 

Anak asuh Mikel Arteta harus rela menerima kekalahan dari Setan Merah dengan skor 1-3.

Namun sangat disayangkan, momen kekalahan Arsenal atas Manchester United tidak dimanfaatkan oleh Manchester City, mereka hanya mampu bermain imbang dengan skor 1-1 saat melawan Aston Villa di pekan yang sama.

Hingga pekan ke-12 Arsenal kokoh di puncak klasemen, namun setelah menelan kekalahan dari Manchester City dengan skor 1-3 dan ditahan imbang Southampton dengan skor 1-1, The Gunners baru merasakan turun peringkat.

Di waktu yang bersamaan anak asuh Pep Guardiola benar-benar memanfaatkan situasi tersebut, mereka berhasil merebut 3 poin dari Brighton dengan skor kemenangan 3-1 dan membawa The Cityzen ke puncak klasemen.

Bertahan selama tiga pekan di puncak klasemen, Manchester City kembali turun ke peringkat kedua setelah takluk dari Brentford dengan skor 1-2 pada pekan ke-16 dan Arsenal kembali menduduki tahta klasemen.

Arsenal kemudian bertahan lama di puncak klasemen setidaknya hingga pekan ke-31 Liga Inggris musim ini. 

Awal keterpurukan Arsenal di puncak klasemen

Pekan ke-32 Liga Inggris menjadi penanda keterpurukan Arsenal di puncak klasemen. Pada pekan tersebut, Martin Odegaard dan kawan-kawan ditahan imbang Southampton dengan skor 3-3.

Pada dua pertandingan sebelumnya The Gunners juga harus rela berbagi poin dengan Liverpool dan West Ham.

Posisi puncak klasemen kemudian direbut Manchester City pada pekan ke-33 ketika anak asuh Pep Guardiola melumat Arsenal dengan skor 1-4 di Emirates Stadium.

Arsenal sempat bangkit dan meraih kemenangan saat melawan Newcastle dan Chelsea di dua pekan setelahnya, namun sayang mereka harus kembali kalah saat menghadapi Brighton.

Di sisi lain, usai berhasil mengalahkan Arsenal, Manchester City tampil konsisten dengan 3 kemenangan beruntun saat melawan Fulham, Leeds, dan Everton.

Kemenangan atas Everton membuat Manchester City berhasil mengunci gelar juara Premier League musim 2022-2023 lebih awal.

Pertandingan melawan Chelsea menjadi momen The Citizen merayakan gelar juara Premier League musim 2022-2023 bersama pendukungnya di Etihad Stadium pada Minggu (21/05).

Demikian informasi seputar keberhasil Manchester City keluar sebagai kampiun Liga Inggris musim 2022-2023 sementara Arsenal harus kembali puasa gelar.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER