Mandi Air Garam Disebut Bisa Menangkal Sihir Jahat, Benarkah?

31 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Ilustrasi air garam yang disebut bisa tangkal sihir. (Sumber: Pexels/Pixabay)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Dalam Islam, sihir merupakan salah satu ilmu hitam yang digunakan untuk mencelakai seseorang dengan bantuan setan. Air garam disebut bisa menjadi penangkalnya, benarkah?

Sihir biasanya diidentikkan dengan upaya menyakiti orang lain dengan ilmu-ilmu yang dimiliki dukun, cenayang, dan paranormal.

Sihir (magic) dalam konteks ini merupakan ilmu hitam yang bisa melukai orang lain karena bantuan setan dan berbeda dari sulap (magic) yang merupakan seni pertunjukkan.

Sering dapat dilakukan dengan berbagai motif, seperti iri hati, sakit hati, ingin merusak hubungan, dan lain sebagainya.

Riwayat yang menjelaskan keberadaan sihir atau santet ada sejak lama dan dikenal di berbagai budaya di dunia.

Bahkan, Nabi Muhammad saw., dalam sebuah riwayat, dijelaskan pernah menjadi sasaran sihir dari orang Yahudi Bernama Labid bin A’sam. 

Dalam riwayat tersebut, disebutkan:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: سُحِرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى كَانَ يُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ يَفْعَلُ الشَّيْءَ وَمَا يَفْعَلُهُ حَتَّى كَانَ ذَاتَ يَوْمٍ دَعَا وَدَعَا ثُمَّ قَالَ: أَشَعَرْتِ أَنَّ اللَّهَ أَفْتَانِي فِيمَا فِيهِ شِفَائِي؟ أَتَانِي رَجُلانِ فَقَعَدَ أَحَدُهُمَا عِنْدَ رَأْسِي وَالآخَرُ عِنْدَ رِجْلَيَّ فَقَالَ أَحَدُهُمَا لِلآخَرِ: مَا وَجَعُ الرَّجُلِ؟ قَالَ  مَطْبُوبٌ ؟ قَالَ : وَمَنْ طَبَّهُ ؟ قَالَ: لَبِيدُ بْنُ الأَعْصَمِ. قَالَ : فِيمَا ذَا؟ قَالَ: فِي مُشُطٍ وَمُشَاقَةٍ وَجُفِّ طَلْعَةٍ ذَكَرٍ. قَالَ فَأَيْنَ هُوَ؟ قَالَ: فِي بِئْرِ ذَرْوَانَ. فَخَرَجَ إِلَيْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ رَجَعَ فَقَالَ لِعَائِشَةَ حِينَ رَجَعَ: نَخْلُهَا كَأَنَّهُ رُءُوسُ الشَّيَاطِينِ. فَقُلْتُ: اسْتَخْرَجْتَهُ ؟ فَقَالَ: لاَ، أَمَّا أَنَا فَقَدْ شَفَانِي اللَّهُ وَخَشِيتُ أَنْ يُثِيرَ ذَلِكَ عَلَى النَّاسِ شَرًّا ثُمَّ دُفِنَتْ الْبِئْرُ. رواه البخاري ومسلم

Artinya: Diriwayatkan dari Aisyah r.a. ia berkata, Nabi pernah disihir hingga beliau dibuat seolah-olah melakukan sesuatu yang tidak dilakukannya. Hingga suatu hari beliau memanggil-manggil, lalu beliau bertanya, “Apakah kamu (Aisyah) tidak merasakan bahwa Allah telah mengabarkan tentang kesembuhanku? Dua orang laki-laki mendatangiku, lalu salah satu dari keduanya duduk di sebelah kepalaku dan satunya di sebelah dua kakiku. Kemudian salah satu malaikat mengatakan kepada yang malaikat lain, “Apa penyakit laki-laki ini?”, Terkena sihir, jawabnya. “Siapa yang menyihirnya?”, “Labid bin Al-A’sham”, jawabnya lagi. “Dengan apa?”, “Sisir, rambut yang jatuh, serta selendang mayang pohon kurma”, jawab malaikat satunya. “Dimana letaknya?”, “Di dalam sumur Dzarwan”, ucap malaikat. Nabi keluar menuju ke sumur itu, kemudian kembali dan berkata kepada Aisyah ketika pulang, “Pohon kurmanya seperti kepala setan”. Lalu aku (Aisyah) berkata, “Apakah engkau bisa mengeluarkannya?” “Tidak, sungguh Allah telah menyembuhkanku, aku khawatir memberikan kesan buruk kepada orang lain”. Kemudian sumur itu dikubur. (HR. Al-Bukhari dan Muslim). 

Mandi air garam bisa tangkal sihir

Almarhum Syekh Ali Jaber, dalam salah satu akun YouTube bernama Muslim - saluran dakwah, pernah mengungkapkan bahwa salah satu amalan yang dapat menangkal sihir adalah dengan menggunakan air garam.

"Saya berikan dan ini obat Insya Allah bermanfaat untuk semua. Enggak usah panggil habib, syekh, ustaz, enggak usah panggil siapa-siapa, Anda sendiri laksanakan," jelas Syekh Ali Jaber.

Ia kemudian menjelaskan, masyarakat cukup mengambil air yang diisi air garam dan air tersebut dibacakan beberapa ayat mulai dari surah Al-Fatihah, Al Baqarah, Ayat Kursi, Al Ikhlas, Al Falaq, hingga An Nas.

"Nanti bacakan air garam itu, Al Fatihah 7 kali, lima ayat pertama surat Al Baqarah, ayat kursi 7 kali. Tiga ayat terakhir surat Al Baqarah 284-286, kemudian Al Ikhlas tiga kali, kemudian Al Falaq 3 kali, dan An Nas tiga kali," ujar alm. Syekh Ali Jaber.

Setelah dibacakan surah-surah tersebut, air garam kemudian diminum dan digunakan untuk mandi.

Syekh Ali Jaber berharap dengan menggunakan air garam dapat membuat pikiran dan jiwa masyarakat menjadi lebih tenang.

“Insya Allah semua masalah dalam hati, perasaan, pikiran, jiwa semua Insya Allah selesai," harap Syekh Ali Jaber.

Berbagai macam jenis garam dapat kamu gunakan untuk mandi, berikut rekomendasi garam ruqyah yang bisa juga digunakan. Cek disini!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR