8 Manfaat Mengikuti Volunteer, Bisa Menambah Prospek Kerja

28 Maret 2024 15:03 WIB

Narasi TV

Ilustrasi kelompok relawan. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Jika kamu memiliki waktu senggang, tak ada salahnya mencoba menjadi volunteer. Volunteer atau relawan dapat menambah pengalaman sekaligus memperluas relasi. Kamu juga bisa mengasah berbagai skill di sana. Berikut manfaat mengikuti volunteer.

Volunteer adalah seseorang yang menolong dan berkomitmen membantu individu, keluarga, dan masyarakat dalam memecahkan masalah. Oleh karena bersifat sukarela, maka volunteer tidak mengharapkan keuntungan apapun.

Saat ini, banyak sekali komunitas dan organisasi yang membuka peluang untuk volunteer. Hal ini menjadi peluang bagi kamu yang ingin bergerak di isu sosial, lingkungan, pendidikan, dan lain sebagainya.

Lantas, apa saja manfaat mengikuti volunteer? Simak penjelasannya berikut ini!

Manfaat volunteer

Berikut manfaat yang bisa didapatkan selama menjadi volunteer:

  • Mendapatkan pengalaman baru

Selama mengikuti volunteer, kamu akan belajar bernegosiasi, berdiskusi, berkomunikasi dengan tim, dan lain sebagainya. Pengalaman ini akan sangat dibutuhkan ketika nanti terjun ke dunia kerja.

  • Memperluas relasi

Mengikuti kegiatan volunteer sekaligus menambah teman baru. Apalagi jika kamu mengikuti program volunteer yang mengharuskan untuk selalu bertemu atau berada di daerah baru. Relasi ini akan sangat penting dan berguna di masa depan.

  • Lebih mensyukuri hidup

Sembari menolong orang yang membutuhkan, volunteer dapat meningkatkan rasa syukur pada diri kita. Kita masih diberikan kehidupan yang lebih baik. Bahkan untuk hal-hal yang jarang kita sadari. Dan kini, kamu membantu mereka agar bisa memperoleh kehidupan yang lebih baik dibanding sebelumnya.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Secara tidak sadar, kamu akan lebih sering berkomunikasi dengan banyak orang. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kamu menjadi terbiasa tampil di depan umum dan berbicara dengan banyak orang.

  • Melatih problem solving

Dengan mengikuti program volunteer, kamu terbiasa untuk membantu sesama dan menyelesaikan kesulitan yang dialami. Kamu bisa berbagi pandangan agar masalah tersebut bisa selesai. Hal ini tentu melatih kemampuan menyelesaikan masalah alias problem solving.

  • Menjadi pribadi yang positif

Volunteer dapat membentukmu menjadi pribadi yang lebih positif. Kamu akan belajar untuk berempati, murah senyum, dan mempertahankan hubungan dengan orang lain. Sikap ini sangat berguna di dunia kerja.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR