7 Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan

21 Februari 2024 11:02 WIB

Narasi TV

Photograph of Girls Blowing Bubbles / Pexels

Penulis: Rusti Dian

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Apakah kamu suka mengunyah permen karet? Nyatanya, mengunyah permen karet memiliki berbagai manfaat yang jarang disadari. Salah satunya adalah mampu membuatmu lebih rileks. Simak penjelasan berikut mengenai manfaat mengunyah permen karet.

Permen karet atau chewing gum adalah permen yang berbahan dasar karet. Bahan ini bersifat elastis dan dapat diubah bentuk sesuai tekanan yang diberikan. Ada dua jenis permen karet yaitu sintetis dan alami.

Permen karet sintetis terbuat dari bahan kimia yang diolah. Sementara permen karet alami terbuat dari bahan alami seperti resin pohon karet. Keduanya sama-sama dikonsumsi dengan cara dikunyah dan memiliki rasa yang berbeda.

Lantas, apa saja manfaat mengunyah permen karet?

Manfaat mengunyah permen karet

Beberapa jenis permen karet mengandung bahan yang bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi gerakan mulut saat mengunyah juga baik untuk kesehatan rahang. Berikut manfaat mengunyah permen karet:

  • Mengurangi stress

Mengunyah permen karet dapat menstimulasi otak untuk melepaskan hormon endorfin. Hormon ini mampu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesejahteraan emosional.

  • Mengencangkan otot wajah

Mengunyah permen karet juga mampu mengencangkan otot wajah. Namun, bukan berarti permen karet bisa membuat wajahmu lebih tirus.

  • Mengurangi rasa sakit

Mengunyah permen karet dapat mengurangi rasa sakit pada gigi, kepala, dan lain sebagainya. Kandungan obat dalam permen karet seperti aspirin dan ibuprofen dapat membantu mengurangi rasa sakit tersebut.

  • Menjaga kesehatan gigi

Permen karet mampu membersihkan gigi dan menghilangkan plak. Bahkan dalam beberapa permen karet juga mengandung fluoride yang dapat mencegah karies pada gigi. Selain itu, permen karet juga mampu membantu menghilangkan rasa sakit saat melakukan perawatan gigi.

  • Mengurangi bau mulut

Kandungan xylitol atau menthol dalam permen karet mampu mengurangi bau mulut dan membuatnya terasa segar. Hal ini sekaligus mampu meningkatkan kesehatan mulut.

Baca Selengkapnya

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR