Masa Berlaku GoPay Coins, Bisa Dipakai di Gojek dan Tokopedia sebelum Kedaluwarsa

21 November 2023 16:11 WIB

Narasi TV

Poster syarat dan ketentuan GoPay Coins. Sumber: gojek.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Pertanyaan seputar masa berlaku GoPay Coins banyak dicari oleh pengguna dompet digital GoPay. Hal ini dikarenakan GoPay Coins memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. 

GoPay Coins merupakan salah satu program loyalitas pelanggan yang dihadirkan oleh Gojek dan Tokopedia. Program ini berupa sistem poin universal dalam bentuk saldo cashback yang diberikan sebagai reward kepada pengguna. 

GoPay Coins bisa didapatkan setelah pengguna menyelesaikan misi atau transaksi tertentu di Gojek dan Tokopedia. Nantinya, koin yang terkumpul dapat digunakan sebagai potongan pembayaran saat melakukan transaksi, baik transaksi marketplace di Tokopedia maupun transaksi digital lainnya di Gojek. 

Nilai cashback GoPay Coins memiliki nilai tukar yang setara dengan Rp1. Sebagai contoh, jika pembeli melakukan transaksi dan berhak mendapatkan cashback senilai Rp5.000, maka pembeli akan mendapatkan cashback berupa 5.000 GoPay Coins. 

Perbedaan GoPay dan GoPay Coins

Pengguna mungkin masih bingung perbedaan antara GoPay dengan GoPay Coins. Mengutip situs resmi Tokopedia, GoPay merupakan uang elektronik yang diterbitkan oleh PT Dompet Anak Bangsa yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran dalam melakukan transaksi pada situs maupun aplikasi. 

Sementara itu, GoPay Coins merupakan poin loyalitas atau satuan nilai yang dapat diperoleh dan dikumpulkan langsung oleh pengguna setelah melakukan transaksi pembelian produk fisik dan/atau produk digital pada situs/aplikasi dengan menggunakan kode promo, kupon, dan/atau kupon penjual tertentu yang dapat digunakan dan ditukarkan sebagai unsur pengurang nilai pembayaran atas transaksi pembeliaan produk fisik dan/atau produk digital pada situs/aplikasi.

Cara menggunakan GoPay Coins

GoPay Coins bisa diperoleh dari penggunaan kupon cashback, hadiah, redeem gift card, dan review produk pilihan. Untuk dapat menggunakan GoPay Coins di Tokopedia maupun Gojek, pengguna harus melakukan “Sambungin Akun” dari Tokopedia ke Gojek. 

“Sambungin Akun” bisa dilakukan lewat menu “Aktifkan” yang ada pada halaman “Home” atau menu “Pengaturan Profil” di akun Tokopedia atau Gojek. 

GoPay Coins bisa digunakan sebagai potongan pembayaran saat melakukan transaksi di Tokopedia. Penukaran bisa dilakukan saat bertransaksi di marketplace untuk pembelian beberapa produk digital dan fintech. Namun, penukaran pada beberapa transaksi fintech (e-gold, reksadana, giftcard, modal toko, pinjaman online, pinjaman modal, saldo prioritas, dana instan, kartu kredit, buka rekening, dan Tokopedia Asuransi) serta produk digital (angsuran kredit, kartu kredit, dan uang elektronik) tidak dapat digunakan. 

Masa berlaku GoPay Coins

GoPay Coins memiliki masa berlaku atau kedaluwarsa. GoPay Coins akan kedaluwarsa pada tanggal 31 Desember pada akhir tahun berikutnya dari tanggal GoPay Coins diterima. 

Kendati demikian, satu pengguna bisa saja memiliki dua masa kedaluwarsa yang berbeda. Apabila pengguna mendapatkan GoPay Coins pada periode antara 1 Januari—31 Januari 2022, maka GoPay Coins akan habis masa berlakunya pada 31 Desember 2023. 

Sementara itu, pengguna yang mendapatkan GoPay Coins pada periode antara 1 Januari—31 Desember 2023, maka GoPay Coins akan habis masa berlakunya pada 31 Desember 2024. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR