Contoh Jawaban untuk Pertanyaan "Mengapa Ingin Bekerja di Perusahaan Kami?" Saat Wawancara Kerja

27 April 2023 18:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi wawancara kerja. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Saat proses wawancara kerja, pertanyaan "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?" sering kali mengemuka.

Pernyataan ini tentunya tidak diajukan tanpa tujuan. Melalui jawaban atas pertanyaan ini, rekruter dapat mengetahui seberapa besar ketertarikan kandidat atas posisi yang ditawarkan. 

Jika Anda telah yakin dan paham dengan posisi yang dilamar, pertanyaan ini sebenarnya mudah saja dijawab. 

Namun, terkadang muncul rasa khawatir apabila jawaban yang diberikan akan memberikan kesan buruk kepada rekruter. 

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk menjawab pertanyaan ini?

Tujuan pertanyaan "mengapa ingin bekerja di perusahaan kami?"

Pertanyaan "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?" sebenarnya bukanlah pertanyaan yang sulit. Namun, jawaban yang Anda berikan dapat menjadi salah satu aspek penilaian yang signifikan oleh rekruter. 

Alasan HRD atau rekruter mengajukan pertanyaan tersebut adalah untuk memastikan kesiapan kandidat dalam melakukan wawancara. 

HRD ingin mengetahui apakah kandidat telah melakukan riset sebelumnya mengenai perusahaan dan posisi yang dilamar. 

Dari cara Anda menjawab pernyataan tersebut, rekruter bisa melihat apakah Anda adalah tipe orang yang selalu mempersiapkan segala sesuatu dengan baik. 

Melalui pertanyaan tersebut, HRD juga ingin mengetahui apakah kandidat memiliki objektif dan tujuan karier yang jelas. Dengan begitu, rekruter dapat menyesuaikan tujuan karier dengan posisi yang dilamar. 

Hal itu dilakukan untuk mencegah supaya karyawan yang telah direkrut tidak resign dalam waktu singkat karena merasa tidak cocok dengan pekerjaannya. 

Bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut?

Setelah memahami alasan rekruter mengajukan pertanyaan "mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?", berikut ini tips yang dapat Anda terapkan untuk menjawab pertanyaan tersebut. 

  1. Fokus pada keunggulan perusahaan

Perusahaan tentunya akan senang jika rekruter menunjukkan ketertarikan terhadap bidang bisnis yang menjadi fokus mereka. 

Berikan jawaban berkaitan dengan kelebihan perusahaan tersebut dibandingkan perusahaan lainnya, serta apa yang membuat perusahaan tersebut unggul dalam industri yang digeluti. 

  1. Beri jawaban yang spesifik dengan posisi yang dilamar

Hindari menjawab dengan jawaban umum dan klise seperti "karena saya sedang butuh pekerjaan" atau "karena perusahaan sedang membuka lowongan".

Fokuskan jawaban pada posisi yang dilamar, misalnya spesifikasi kerja yang membuat Anda merasa tertantang untuk mencobanya. 

Sebutkan juga keterampilan yang dimiliki, prestasi yang pernah diraih, serta pengalaman kerja di bidang yang sama jika ada. 

  1. Hubungkan tujuan dengan profil perusahaan

Kaitkan tujuan Anda dengan profil perusahaan yang tercantum dalam visi dan misi perusahaan. 

Untuk itu, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu visi dan misi perusahaan secara mendalam dan menyusun poin-poin dengan susunan kalimat yang meyakinkan. 

Anda juga dapat mengaitkan jawaban dengan citra produk yang dimiliki perusahaan. Jika perlu, Anda bisa mencoba menggunakan produk-produk tersebut supaya mendapatkan gambaran tentang nilai dan kualitas produk tersebut. 

Kesalahan saat menjawab pertanyaan

Ketika menjawab pertanyaan “mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan kami?”, terkadang kandidat melakukan kesalahan yang dapat memengaruhi penilaian rekruter.

Berikut ini beberapa kesalahan yang umum dilakukan.

  1. Jawaban terlalu umum

Banyak kandidat yang menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban umum yang bisa diterapkan pada semua perusahaan. 

Tak jarang juga kandidat bermanis-manis dengan memberikan jawaban yang memuji perusahaan, tetapi tidak spesifik menjelaskan kelebihan perusahaan.

Sebisa mungkin, hindari jawaban semacam ini. Jawablah pertanyaan dengan rinci sesuai dengan tips yang telah disampaikan di atas. 

  1. Terlihat belum melakukan riset

Kandidat yang tidak melakukan riset sebelum wawancara pasti akan bingung ketika dihadapkan dengan pertanyaan terkait perusahaan. Kebingungan ini akan dengan mudah terbaca oleh HRD dan tentunya akan mengecilkan peluang mendapatkan kerja. 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencari informasi terkait perusahaan dan posisi yang dilamar, semakin spesifik semakin baik.  

  1. Kurang antusias

Salah satu kunci menjawab pertanyaan saat wawancara kerja adalah menunjukkan rasa antusias. 

Sikap dan jawaban yang terlihat tidak antusias akan membuat perekrut berpikir ulang apakah kandidat benar-benar menginginkan posisi tersebut.

Jangan pula memberi jawaban yang terkesan meremehkan perusahaan. Tunjukkan bahwa Anda memang telah mengincar posisi ini dan telah melakukan riset mendalam yang dibuktikan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari rekruter.

  1. Terlalu oportunis

Terakhir, hindari memberi jawaban yang seolah-olah hanya menguntungkan diri sendiri, misalnya karena jarak kantor dekat dari rumah, ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, atau sudah tidak betah di perusahaan sebelumnya.

Selain membeberkan keuntungan dari sisi Anda, jelaskan juga keuntungan yang akan diperoleh perusahaan jika mereka merekrut Anda sebagai karyawan. 

Contoh jawaban untuk pertanyaan "mengapa ingin bekerja di perusahaan kami?"

  1. Sesuaikan visi dan misi perusahaan dengan keterampilan dan tujuan pribadi

“Saya membaca di situs resmi perusahaan Anda, bahwa perusahaan Anda memiliki visi untuk menghadirkan produk kosmetik yang aman dengan harga terjangkau. Dengan latar belakang saya di bidang teknik kimia, saya dapat membantu perusahaan Anda untuk menjadi merek kosmetik nomor satu di Indonesia.”

“Saya ingin bergabung dengan perusahaan ini karena adanya kesamaan misi perusahaan dengan tujuan saya dalam bekerja, yaitu menghadirkan produk pakaian yang ramah lingkungan. Saya merupakan lulusan fashion design dan telah menekuni bidang sustainable dan slow fashion selama sepuluh tahun. Keterampilan dan pengalaman yang saya miliki tentunya akan membantu perusahaan Anda mencapai misi tersebut.”

  1. Memanfaatkan peluang dan tantangan yang dihadapi perusahaan

“Saya dengar, perusahaan Anda sedang berencana untuk melakukan ekspansi ke luar negeri. Saya memiliki keterampilan dan pengalaman di bidang pemasaran serta mampu berbahasa Inggris dengan baik, sehingga dapat membantu perusahaan Anda mewujudkan rencana tersebut.”

Semoga informasi ini bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR