Tips Menjawab Pertanyaan tentang Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Wawancara Kerja

18 April 2023 11:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi wawancara kerja di sebuah perusahaan. Sumber: Pexel.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Dalam wawancara kerja atau magang, pihak perusahaan biasanya akan meminta kepada pelamar pekerjaan untuk menjelaskan kelebihan dan kekurangan diri dari sang pelamar pekerjaan. 

Pertanyaan ini merupakan salah satu pertanyaan krusial untuk mengetahui seberapa jauh pelamar pekerjaan mengetahui tentang dirinya. Selain itu, pertanyaan tersebut juga menjadi catatan penting bagi pihak perusahaan untuk menganalisis apakah posisi tersebut cocok bagi sang pelamar atau tidak.

Meskipun terdengar mudah, namun menjawab pertanyaan ini tidak semudah yang dikira karena diperlukan persiapan sebelum menjawab pertanyaan ini. Pertanyaan yang umum ini sering menentukan penilaian pihak perusahaan terhadap kemampuan anda.

Tips menunjukkan kelebihan dan kekurangan dalam wawancara

Berada di dalam sebuah wawancara dapat diartikan perusahaan melihat adanya potensi dalam diri pelamar pekerjaan. Menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri adalah kesempatan yang sangat baik untuk menunjukkan potensi si pelamar pekerjaan. 

Berikut tips untuk menjawab pertanyaan tentang kelebihan dan kekurangan diri:

  • Jujur

Terdengar sangat simpel namun kejujuran sangat berpengaruh dalam jawaban anda. Sebuah cerita yang disampaikan dengan jujur dan apa adanya tentu akan lebih menarik dan meyakinkan.

Lain halnya dengan cerita yang dibumbui drama dan terkadang dipaksa untuk mengikuti skenario kisah inspiratif serta terlalu menyombongkan diri seakan tanpa cela akan menimbulkan kesan sebaliknya. 

Seorang bos tentu akan memilih karyawan yang bisa memanfaatkan kelebihan dirinya serta mengenali kelemahannya dan mampu mengatasinya.

  • Tunjukkan dengan cerita

Menyebut daftar kelebihan yang dimiliki dari A-Z bukanlah hal yang tepat dan harus dihindari karena perusahaan akan melihat hal tersebut tidak realistis dan pelamar akan terkesan terlalu menyombongkan dirinya. 

Yang sebaiknya dilakukan pelamar untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah memilih satu atau dua kelebihan anda dan menjelaskan bagaimana si pelamar mampu memanfaatkannya di pekerjaan sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa si pelamar mampu mengetahui dan memanfaatkan kelebihannya.

  • Kaitkan Kelebihanmu dengan kebutuhan perusahaan

Setelah kamu bercerita tentang kelebihan dan kekurangan diri, hal yang dilakukan setelah itu adalah mengaitkan cerita tentang kelebihanmu dengan kebutuhan perusahaan. 

Setiap posisi tentu menyertakan karyawan seperti apa yang dicari sehingga anda menunjukkan bahwa anda memiliki potensi dan tepat untuk posisi yang anda lamar.

  • Jangan terlalu panjang

Menjelaskan tentang diri kita memang menarik dan terkadang menyenangkan bagi kita. Namun, jangan terlalu panjang ketika menjelaskan tentang diri sendiri. Seperti yang dibahas sebelumnya, pilih satu atau dua kelebihan dan kekurangan untuk dijelaskan. Semakin banyak hal yang dijelaskan tentu akan memakan waktu yang cukup panjang dimana biasanya wawancara pekerjaan memiliki waktu yang terbatas. Terlalu banyak menjelaskan juga akan mengesankan bahwa pelamar kerja terlalu 'full of yourself' dan kehilangan detail sehingga poin yang anda jelaskan justru tidak dapat tersampaikan dengan baik.

  • Jangan terlalu stres dalam persiapan

Mempersiapkan wawancara agar wawancara dapat berjalan lancar memang diperlukan. Namun persiapan tersebut hendaknya dilakukan seperlunya saja, sangat tidak dianjurkan untuk overthinking atau terlalu terbebani. Sesungguhnya pertanyaan-pertanyaan dalam wawancara kerja adalah sebuah titik-titik yang terhubung dari pertanyaan pertama hingga pertanyaan terakhir.

Selamat mencoba!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR