Mengenal Ice Breaking: Mencairkan Suasana yang Tegang

26 Jan 2023 11:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi sekumpulan orang yang tengah girang usai mempraktikkan ice breaking. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Ketika mengikuti suatu acara, kamu pasti tidak asing dengan istilah ice breaking. Istilah tersebut berasal dari 2 kata yaitu ice berarti es dan breaking berarti memecahkan. Jika didefinisikan ice breaking adalah usaha untuk memecahkan atau mencairkan suasana yang kaku seperti es agar lebih santai dan nyaman.

Ice breaking biasanya disisipkan dalam acara sebagai usaha untuk mengembalikan fokus peserta, meregangkan otot-otot yang tegang, serta membuat suasana menjadi rileks. Oleh karena itu, ice breaking dibuat sesantai mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Tujuan Ice Breaking

Ice breaking dibuat bukan tanpa tujuan. Berikut tujuan adanya ice breaking pada saat acara:

  1. Untuk menghilangkan pembatas antarpeserta atau dengan fasilitator
  2. Menciptakan motivasi antarpeserta untuk mengikuti acara dengan interaktif
  3. Peserta dapat saling mengenal
  4. Menciptakan kondisi dinamis dan memecah suasana yang canggung
  5. Mengarahkan dan memfokuskan peserta pada topik pembahasan

 

Manfaat ice breaking

Berikut manfaat menyisipkan sesi ice breaking dalam acara:

  1. Menciptakan kebersamaan sesama peserta
  2. Membantu fasilitator untuk mengenali peserta
  3. Meningkatkan kreativitas peserta 
  4. Meningkatkan kemampuan belajar

 

Contoh ice breaking anti ngebosenin

Kalau kamu bingung harus membuat ice breaking seperti apa, berikut contoh-contoh ice breaking yang bisa kamu coba untuk mencairkan suasana forum atau acara:

  • Tebak kata

Kamu bisa melakukan tebak kata menggunakan gambar dan teks. Di sini, kamu juga bisa memplesetkan kata atau gambar tersebut. Misalnya, kamu ingin mengatakan “Taylor Swift”, seorang penyanyi dari Amerika. Kamu bisa menggunakan foto penjahit yang dalam bahasa Inggris disebut tailor dan mobil Swift sebagai clue-nya.

  • Tebak lagu

Selain kata, kamu juga melakukan tebak lagu. Kamu bisa memutarkan lagu-lagu yang nantinya akan ditebak secara cepat oleh peserta. Jika ingin lebih menantang, kamu bisa menggunakan suara Google untuk menyamarkan lirik dalam lagu tersebut agar tidak mudah ditebak peserta.

  • Gerak tubuh

Jika ingin meregangkan otot-otot yang tegang, kamu bisa melakukan ice breaking dengan memutarkan senam-senam ringan. Kamu bisa memutarkan video seperti “Kewer-Kewer” atau “Gemu Fa Mi Re” dan mengajak peserta untuk mengikuti gerakannya.

  • Kursi DPR

Kursi DPR mengharuskan peserta untuk berebut kursi yang ada di tengah. Kamu bisa memutarkan lagu dan mengajak peserta untuk membuat lingkaran dan mengelilingi kursi tersebut. Ketika lagu di-pause, beberapa peserta akan lari memperebutkan kursi di tengah. Jika yang maju ke tengah tidak mendapatkan kursi, maka mereka harus meninggalkan barisan dan dinyatakan kalah.

  • Apa yang didengar

Ice breaking ini untuk menguji fokus para peserta. Kamu bisa mengucapkan sesuatu yang berbeda dengan apa yang kamu lakukan. Misalnya, kamu berkata “pegang telinga”, tapi kamu memegang hidung. Jika ada peserta yang memegang hidung, maka peserta tersebut dinyatakan kalah.

 

Adanya ice breaking ini dijamin membuat acaramu tidak lagi membosankan. Selamat mencoba!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER