Mengenal Podcast, Hasil Rekaman Audio dan Cara Membuatnya 

8 Desember 2022 16:12 WIB

Narasi TV

Membuat konten Podcast. Sumber: Unsplash.

Penulis: Yohana Nabilla Wuryanto

Editor: Margareth Ratih. F

Selain vlog (video blog atau video log), kini banyak influencer yang membuat podcast sebagai kontennya. Pada dasarnya podcast adalah sebuah video atau rekaman suara yang berbasis siaran radio, di mana pelaku atau pembuatnya dapat melakukan proses diskusi di dalamnya.  

Istilah podcast pertama kali dicetuskan oleh seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammerslay, pada tahun 2004. Kemudian istilah ini diadopsi oleh salah satu brand terkenal, yaitu Apple. 

Kemudian, pada tahun 2005 Apple meluncurkan fitur podcast, yang kemudian berkembang ke ranah siaran radio, seperti BBC, hingga CBC Radio One. Kini seiring berkembangnya 

zaman, podcast tidak hanya ada di radio, namun juga platform lainnya, seperti YouTube, Spotify, hingga aplikasi ketiga seperti Anchor. 

Cara Membuat Podcast

Karena dunia sudah semakin berkembang, kini masyarakat umum juga dapat membuat podcast sesuka hati.  Berikut cara atau tutorial untuk membuat podcast.

  • Menentukan tema 

Seperti membuat cerita, untuk membuat podcast juga membutuhkan tema yang pas dan cocok untuk diperdengarkan. Karena podcast bersifat on demand, tema yang ada juga menyesuaikan dengan tren atau informasi yang sedang hangat dibicarakan.

  • Mempersiapkan peralatan dan media

Langkah kedua dalam membuat podcast, adalah menyiapkan peralatan dan media yang dipakai. Salah satu media yang sering dipakai untuk membuat podcast adalah Anchor, yang berada di bawah naungan Spotify, salah satu platform musik terkenal. Dalam media tersebut, pengguna tidak hanya mampu membuat podcast, namun juga menyiarkan atau memposting podcastnya di  Spotify. 

  • Membuat konten

Bila langkah pertama dan kedua sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah merekam atau membuat konten podcast yang sudah disiapkan secara matang.

  • Mengedit konten

Langkah selanjutnya adalah mengedit konten yang telah direkam. Proses ini menjadi proses yang cukup penting dalam konten, karena pengeditan dilakukan sebagai salah satu cara kreator untuk memfilter bagian konten yang layak untuk disiarkan dan yang tidak layak. 

  • Upload konten

Langkah terakhir dari membuat konten adalah melakukan proses upload atau posting konten, pada platform tertentu. Pada umumnya, kreator akan memposting podcast buatan mereka di berbagai platform, seperti YouTube, Instagram Reels, dan platform musik seperti Spotify. 

Itulah tutorial mengenai cara membuat podcast dan beberapa informasi lainnya. Dengan adanya perkembangan zaman dan berbagai aplikasi atau platform, kini siapapun mampu membuat podcast yang menarik dengan cukup mudah. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk menciptakan suatu karya menarik.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR