Mengenal Sastra: Definisi, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

31 Dec 2022 00:12 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi buku sastra yang ditata berderetan. (Sumber: Freepik)

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Istilah sastra tentunya sudah tidak asing lagi di telinga orang-orang, hanya saja tidak sedikit dari mereka yang mengetahui tentang apa itu sebenarnya sastra? Apa fungsi sastra dalam kehidupan sehari-hari? Dan apa saja jenis-jenis karya sastra?

Dalam artikel ini telah dijelaskan secara terperinci mengenai apa sebenarnya itu sastra, fungsi, dan juga jenis-jenis karya sastra.

Apa itu sastra?

Karya sastra adalah sebuah karya tulis atau lisan yang disampaikan menggunakan bahasa sebagai medium utama.

Karya sastra pada umumnya merupakan ekspresi seseorang yang tercipta berdasarkan pemikiran, pengalaman, pendapat, hingga perasaan seseorang.

Karya sastra diwujudkan dalam bentuk imajinatif dengan alur cerita yang sistematis, yang mana kebanyakan cerita yang diangkat berdasarkan kehidupan nyata.

Fungsi sastra dalam kehidupan

Setidaknya terdapat 5 fungsi karya sastra dalam kehidupan, berikut merupakan penjelasannya.

1. Fungsi rekreatif

Maksud dari fungsi rekreatif adalah sastra bisa memberi rasa senang, gembira, serta menghibur bagi para pembaca atau penikmat sastra.

Ketika membaca sebuah novel, misalnya, kita bisa merasa terhibur dengan jalinan cerita yang dibuat oleh penulisnya.

2. Fungsi didaktif

Maksudnya ialah sastra dapat dijadikan sarana atau media yang mampu menyampaikan nilai-nilai kebaikan dengan tujuan menyelipkan unsur edukatif di dalam cerita agar sampai kepada pembaca.

Meskipun, kebanyakan karya sastra tidak secara eksplisit menampilkan informasi edukatif. Kebanyakan karya sastra seperti puisi misalnya, justru memberikan informasi edukatif dengan cara tersembunyi.

3. Fungsi estetis

Sebuah karya sastra tak lepas dari unsur keindahan, baik dari bahasa hingga alur cerita yang disusun oleh pengarangnya.

Dalam karya sastra jenis puisi, estetika bahkan menjadi salah satu aspek utama yang ditampilkan.

4. Fungsi moralitas

Karya sastra juga sering menawarkan unsur edukatif di dalamnya, termasuk ajaran moral yang kadang diselipkan dalam sebuah peristiwa atau dialog dalam sebuah cerita sehingga mampu meninggalkan kesan pembelajaran bagi para pembacanya.

5. Fungsi religius

Beberapa karya sastra tak lepas dari fungsi religius. Tidak sedikit dalam karya sastra yang mengandung nilai-nilai ajaran agama yang nantinya diharapkan mampu diteladani bagi pembaca.

Jenis-jenis Karya Sastra

Secara umum, bentuk karya sastra dibagi menjadi tiga, yakni prosa, puisi, dan drama. 

Ketiga bentuk karya sastra tersebut menggunakan bahasa sebagai medium utama untuk menyampaikan gagasannya dalam sebuah cerita.

1. Prosa

Prosa adalah karya sastra yang berbentuk cerita naratif sehingga lebih mudah bagi pembaca untuk memahaminya. Di dalam prosa terdapat dua jenis, yakni cerpen dan novel.

2. Puisi

Puisi adalah karya sastra yang dominan dengan estetika bahasa yang terkandung di dalamnya. Puisi tak lepas dari rima, diksi, lirik, bait, dan lain sebagainya.

3. Drama

Drama adalah sebuah karya sastra yang diciptakan dalam bentuk cerita kemudian disajikan dalam bentuk pertunjukan (gerak atau aksi).

Demikian penjelasan mengenai apa itu karya sastra, fungsi karya sastra bagi kehidupan, serta jenis-jenis karya sastra.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER