Mengenal Tren School and Boyfriend Air, Ketika Berdandan Terasa Tidak Berguna

20 Maret 2023 18:03 WIB

Narasi TV

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Apakah tren boyfriend air atau school air sudah lewat di for your page (FYP) TikTok-mu? Tren ini menunjukkan tentang seseorang, baik itu laki-laki maupun perempuan, yang sudah berdandan dengan rapi namun, penampilan tersebut berubah dengan menyematkan tulisan Boyfriend Air atau School Air. Perubahan penampilan itu menunjukkan wajah mereka yang tidak lagi segar. 

Tren School Air sendiri jika kita ubah ke bahasa Indonesia adalah Udara Sekolah, atau mungkin lebih tepat disebut Hawa Sekolah. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan seberapa kompleks kamu berdandan sebelum berangkat sekolah tetap saja School Air atau hawa sekolah akan membuat kamu kembali ke setelan awal sebelum berdandan. 

Tren School Air ini bermula pada Oktober 2022 ketika sebuah video yang menunjukkan bagaimana rambut seseorang akan berubah sebelum dan setelah sekolah. Video ini mendapat 5 juta penonton dan menjadi tren dalam beberapa bulan kedepan.

Tren yang melahirkan teori

Pada Februari 2023 muncul sebuah tren baru yaitu Boyfriend Air yang bisa dibilang masih berkaitan dengan tren School Air. Boyfriend sendiri adalah kata dalam bahasa inggris yang berarti pacar laki-laki, sehingga tren ini dapat disimpulkan sebagai hawa atau aura dari pacar laki-laki.

Video yang ditunjukkan pun masih menyerupai konten video tren School Air di mana video-video tersebut menunjukkan perbedaan penampilan dengan tulisan "Boyfriend Air". Tren ini kemudian meledak sejak bulan Januari 2023.

Tren ini kemudian berkembang menjadi sebuah teori yang disebut Boyfriend Air Theory. Dilansir dari laman Know Your Meme, Boyfriend Air Theory adalah sebuah teori yang menyatakan bahwa jika seorang perempuan menghabiskan waktu bersama dengan kekasihnya maka kekurangan fisiknya akan terlihat seperti munculnya jerawat atau breakout, merusak dandanan, atau membuat rambut menjadi berantakan. 

Tren dan teori ini kemudian dihubungkan dengan kebiasaan berdandan para perempuan yang berbeda ketika sedang menjomblo dengan saat memiliki pacar. Banyak perempuan yang menurunkan usahanya untuk berdandan karena merasa telah memenangkan hati sang kekasih.

Perdebatan tentang Boyfriend Air

Tren dan teori Boyfriend Air kemudian menimbulkan berbagai respon dari netizen di seluruh dunia, terutama perempuan.

Tidak sedikit yang menganggap teori ini sebagai omong kosong belaka dan tidak berdasar. Muncul pula anggapan bahwa hal tersebut muncul karena si perempuan merasa nyaman dengan kekasihnya yang membuat si perempuan tidak lagi berpikir tentang penampilannya. Hal ini dikarenakan perempuan tidak lagi merasa perlu mempercantik diri karena telah memiliki pasangan.

Di sisi lain, banyak yang menganggap teori ini benar dan memberi jawaban atas keresahan para perempuan yang merasa 'kotor' setelah memiliki pasangan. Tidak sedikit pula yang bernapas lega ketika melihat tren Boyfriend Air karena merasa mereka tidak sendirian merasakan hal tersebut.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR