Taylor Swift Resmi Mulai “The Eras Tour”, Nyanyikan 44 Lagu dalam 3 Jam Konser Perdana

20 Maret 2023 13:03 WIB

Narasi TV

Penyanyi Taylor Swift. Sumber: billboard.com.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Taylor Swift resmi memulai tur konser bertajuk “The Eras Tour” pada Jumat (17/3/2023) malam di State Farm Stadium Glendale, Arizona, Amerika Serikat. Konser ini menandai kembalinya Taylor Swift ke panggung tur untuk pertama kalinya sejak 2018. 

Antusiasme Swifties, sebutan untuk penggemar Taylor Swift, telah terlihat sejak penjualan tiket konser perdana “The Eras Tour” diumumkan beberapa bulan lalu. Situs web Ticketmaster bahkan sempat down karena tingginya jumlah pengakses web. 

Sekitar 70 ribu orang hadir dalam pertunjukan berdurasi lebih dari 3 jam 15 menit itu. Total, Taylor Swift membawakan 44 lagu dari 10 album yang dimilikinya.

Swift membagi pertunjukan ke dalam 10 tema sesuai dengan jumlah album. Masing-masing tema merepresentasikan setiap era yang telah dilalui Swift sepanjang kariernya sebagai seorang musisi. 

Dengan tata panggung yang megah, 16 penari latar, dan dan pergantian kostum di setiap tema, Taylor Swift sukses mengguncang seisi stadion. Pada satu kesempatan, Swift menampilkan aksi panggung yang menampakkan seolah ia melompat ke dalam air dan berenang di sepanjang lidah panggung.

Berikut daftar tema dan lagu yang dibawakan Taylor Swift dalam konser perdana “The Eras Tour” di Arizona:

Era Lover (2019)

Taylor Swift membuka pertunjukan dengan lagu “Miss Americana & The Heartbreak Prince”. Ia memilih bodysuit gemerlap dan sepatu bot selutut untuk merepresentasikan era ini. Swift kemudian menyanyikan lagu “Cruel Summer”, “The Man”, “You Need to Calm Down”, “Lover”, dan “The Archer”.   

Era Fearless (2008)

Taylor Swift mengenakan gaun berpinggiran emas kala membawakan lagu dari album Fearless yaitu “Fearless”, “You Belong with Me”, dan “Love Story”.

Era Evermore (2020)

Ketika beralih ke era album ini, Taylor sempat mengatakan bahwa Evermore adalah album favoritnya. Ia membawakan lagu “‘tis the damn season”, “willow”, “marjorie”, “champagne problems”, dan “tolerate it” dalam balutan gaun panjang berwarna oranye.

Era Reputation (2017)

Taylor Swift mengenakan bodysuit hitam dengan aksen merah dan motif kulit ular yang terbuka di salah satu kakinya untuk merepresentasikan era ini. Lagu yang dibawakan Swift dari album Reputation adalah “…Ready for It?”, “Delicate”, “Don’t Blame Me”, dan “Look What You Made Me Do”.

Era Speak Now (2010)

Meski hanya membawakan satu lagu dari album ini yaitu “Enchanted”, Taylor Swift tampil memukau dalam balutan gaun pesta (ballgown) berwarna putih dengan aksen gemerlap keemasan.

Era Red (2012)

Sesuai dengan judul albumnya, Taylor Swift mengenakan ragam kostum berwarna merah pada tema ini. Namun, ia sempat mengenakan kaus, topi, dan celana pendek saat menyanyikan lagu “22”, sama seperti yang ia kenakan dalam video klip lagu tersebut. Dari album Red, Swift juga membawakan lagu “We Are Never Ever Getting Back Together”, “I Knew You Were Trouble”, dan “All Too Well (10 Minute Version)”.

Era Folklore (2020)

Tata panggung menjelma menjadi seperti di dunia fantasi saat pertunjukan memasuki era album Folklore. Taylor Swift tampil kalem dan menawan dalam balutan gaun panjang berwarna lavender. Swift membawakan lagu “invisible string”, “betty”, “the last great american dynasty”, “august”,  “illicit affairs”, “my tears ricochet”, dan “cardigan”. 

Era 1989 (2014)

Untuk menandai era ini, Taylor Swift tampil semarak dalam gaun two-piece berwarna merah muda yang gemerlap. Ia membawakan lagu “Style”, “Blank Space”, “Shake It Off”, “Wildest Dreams”, “Bad Blood”. Swift juga menyanyikan “mirrorball” yang berasal dari album Folklore. 

Era Taylor Swift (2006)

Dari album debutnya ini, Taylor Swift menyanyikan satu lagu berjudul “Tim McGraw” sambil menyanyikan piano dalam balutan gaun merah.

Era Midnights (2022)

Album terbaru Taylor Swift ini menjadi era penutup dari pertunjukan “The Eras Tour”. Swift mengenakan gaun ungu muda longgar yang gemerlap saat menyanyikan lagu “Lavender Haze” dan “Anti-Hero”, kemudian berganti kostum menjadi bodysuit ungu gelap berumbai di tengah lagu “Midnight Rain”. Ia menampilkan tiga lagu lainnya dari album Midnights yakni “Vigilante Shit”, “Bejeweled”, dan “Mastermind” sebelum akhirnya menutup konser dengan lagu “Karma”. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR