Kenali Trojan DogeRAT: Ancaman Serius bagi Keamanan Siber

14 Jun 2023 15:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi cara kerja malware Trojan DogeRAT. (Sumber: Pexels/Markus Spiske)

Penulis: Moh Afaf El Kurniawan

Editor: Rizal Amril

Dalam dunia digital yang semakin kompleks, ancaman keamanan online juga semakin berkembang. Salah satu ancaman yang perlu diwaspadai adalah Trojan DogeRAT.

Melansir Malwarebytes, Remote Access Trojans (RAT) adalah sebuah malware yang memungkinkan seseorang melakukan peretasan gawai dari jarak jauh.

Melalui RAT, peretas dapat mendapatkan izin secara ilegal untuk mengakses data yang ada dalam gawai korban.

Data yang dapat diakses peretas tersebut meliputi izin untuk mengakses keyboard/keypad, kata sandi, tangkapan layar, riwayat peramban internet, surel, hingga melihat dan mengakses chat.

Penggunaan RAT biasanya dilakukan dengan berbagai metode. Beberapa metode yang umum ditemukan adalah melalui jejaring email, tautan web, unduhan (misalnya aplikasi), atau pengunduhan file torrent.

Peretas biasanya memanfaatkan metode tersebut untuk memperdaya korban agar secara tak sadar menginstal sejumlah perangkat lunak yang memungkinkan peretasan terjadi.

Lantas, apa itu DogeRAT? Berikut adalah penjelasan mengenai DogeRAT, malware yang dapat menguras saldo rekening.

Apa Itu Trojan DogeRAT?

Secara umum, DogeRAT merupakan malware Trojan yang lebih kompleks daripada RAT. 

Sebagaimana RAT, DogeRAT dapat mengakses perangkat gawai secara tidak sah untuk melakukan berbagai tindakan seperti mengirim pesan spam hingga melakukan transaksi tanpa sepengetahuan pemilik rekening.

Melansir CloudSEK, baru-baru ini tim dari perusahaan keamanan siber asal Amerika tersebut menemukan penyebaran DogeRAT secara masif di India.

Di India, malware DogeRAT menyebar secara masif dengan berpura-pura menjadi aplikasi resmi seperti aplikasi media sosial atau browser. Aplikasi-aplikasi tersebut tersebar melalui media sosial dan aplikasi chatting.

Aplikasi berisi DogeRAT tersebut memiliki tampilan yang sangat mirip dengan aplikasi versi resmi.

Ketika korban menginstal aplikasi berisi DogeRAT, aplikasi tersebut akan meminta izin akses untuk beberapa fitur sebagaimana permintaan izin pada aplikasi resmi.

Ketika korban mengizinkan hal tersebut, peretas dapat mengakses data dan fitur gawai yang terinfeksi DogeRAT. 

Peretas kemudian dapat melakukan transaksi ilegal hingga mengakses kamera yang ada pada gawai.

Meski temuan CloudSEK menunjukkan penyebaran DogeRAT masih terbatas di India, namun CouldSEK melihat terdapat intensi untuk membuatnya menjadi global.

Tips melindungi diri dari Trojan DogeRAT

Untuk melindungi diri dari Trojan DogeRAT, berikut adalah beberapa langkah penting yang dapat dilakukan:

  1. Perbarui perangkat lunak dan sistem operasi Anda secara teratur. Produsen perangkat lunak sering kali merilis pembaruan keamanan untuk melindungi sistem dari celah yang dapat dimanfaatkan oleh Trojan DogeRAT dan jenis malware lainnya.
  2. Waspadai lampiran dan tautan yang mencurigakan. Jangan mengklik tautan atau membuka lampiran dari sumber yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Trojan DogeRAT sering kali menyebar melalui email phishing atau situs web palsu.
  3. Gunakan perangkat lunak keamanan yang andal. Instal dan perbarui program antivirus dan firewall yang terkemuka untuk mendeteksi dan mencegah Trojan DogeRAT masuk ke sistem Anda.
  4. Tetap waspada terhadap aktivitas online Anda. Hindari mengungkapkan informasi pribadi atau sensitif secara sembarangan di internet. Selalu berhati-hati saat berinteraksi dengan situs web dan aplikasi yang meminta informasi pribadi Anda.
  5. Lakukan pemindaian sistem secara teratur. Gunakan perangkat lunak keamanan untuk memeriksa komputer Anda secara berkala dan pastikan tidak ada kehadiran Trojan DogeRAT atau ancaman lainnya.

Dengan menjaga keamanan komputer Anda dan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat melindungi diri dari Trojan DogeRAT. 

Penting untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap ancaman keamanan digital yang terus berkembang.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER