Waspada Pengiriman Malware Lewat iMessage, Bisa Curi Data dan Sadap iPhone

6 Jun 2023 13:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi seseorang yang sedang menggunakan ponselnya. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Perusahaan keamanan siber asal Rusia Kaspersky mengungkapkan adanya serangan malware yang secara spesifik menyasar pengguna iPhone melalui aplikasi iMessage. 

“Kami telah menemukan serangan siber baru terhadap iOS yang disebut Triangulasi,” kata CEO Kaspersky, Eugene Kaspersky, dalam cuitannya di akun Twitter @e_kaspersky pada Kamis (1/6/2023). 

Tim Kaspersky menjumpai malware tersebut saat tengah memantau jaringan Wi-Fi untuk perangkat seluler. 

Malware itu dapat menginfeksi ponsel dengan mengirimkan pesan melalui iMessage yang berisi lampiran berbahaya.

Dengan memanfaatkan sejumlah kerentanan yang ada pada iOS, peretas dapat memasang aplikasi pengintai atau spyware dan mengeksekusi kode tanpa perlu adanya tindakan apa pun dari pengguna. 

Kode itu kemudian digunakan untuk mengumpulkan data pribadi pengguna, bahkan bisa sampai mengambil kendali penuh atas perangkat. 

Lebih lanjut, Kaspersky menyatakan serangan Triangulasi itu dapat mengekstrak informasi pribadi seperti mikrofon, rekaman, foto dari aplikasi pesan instan, geolokasi, dan data lainnya untuk kemudian mengirimkannya ke server jarak jauh. 

Meski sempat dijumpai pada sejumlah iPhone milik karyawannya, Kaspersky yakin bahwa perusahaannya bukanlah target utama dari serangan malware itu.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengklaim ribuan orang di Rusia, mulai dari rakyat biasa hingga diplomat asing, telah disusupi perangkatnya oleh malware tersebut.

FBS meyakini serangan malware itu berasal Badan Keamanan Nasional (NSA) Amerika Serikat yang bekerja sama dengan Apple untuk memata-matai diplomat Rusia.

Cara mencegah serangan malware pada iPhone

Meski terdengar menyeramkan, pengguna iPhone bisa melakukan tindakan mitigasi atas serangan Triangulasi dengan cara yang cukup mudah. 

Tim peneliti Kaspersky tidak menjumpai adanya perangkat dengan versi iOS di atas 15.7 yang disusupi oleh malware ini. Kemungkinan besar, Apple telah memperbaiki kerentanan yang dimanfaatkan peretas untuk menyusupkan malware di perangkat dengan versi iOS terdahulu. 

Oleh sebab itu, pengguna iPhone sebaiknya selalu memperbarui sistem operasi perangkatnya setiap kali versi terbaru telah tersedia.

Kaspersky sendiri telah merilis “Triangle Check” sebagai alat yang dapat digunakan oleh pengguna iPhone untuk melacak adanya bukti penyusupan pada perangkat. 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER