13 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Enak dan Mengenyangkan

18 Mar 2024 03:03 WIB

thumbnail-article

Close-Up Photo Of Raisins And Dates (Pexels)

Penulis: Indra Dwi Sugiyanto

Editor: Indra Dwi Sugiyanto

Bulan suci Ramadhan telah tiba, dan seluruh umat muslim di seluruh dunia merayakan bulan ini dengan cara berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Buka puasa menjadi moment yang ditunggu-tunggu setiap harinya dan menjadikan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat. 

13 Rekomendasi Menu Buka Puasa yang Enak dan Mengenyangkan

1. Nasi Goreng Kampung

(Pexels)
Sumber: (Pexels)

 

Nasi goreng kampung adalah menu buka puasa yang sederhana tetapi lezat. Dibuat dengan nasi yang diaduk dengan telur, kecap manis, bawang merah, bawang putih, cabai, dan potongan ayam atau daging sapi. Nasi goreng kampung cocok untuk menjadi hidangan utama buka puasa karena kaya akan karbohidrat dan protein.

2. Sate Ayam

 

Sumber: (Pexels)

Sate ayam adalah hidangan yang mudah dan cepat disiapkan serta bisa menjadi menu buka puasa yang lezat dan mengenyangkan. Potong-potong ayam yang telah dicampur bumbu kemudian ditusuk ke tusuk sate, kemudian dibakar hingga matang. Sajikan dengan bumbu kacang, irisan ketimun, dan bawang merah.

3. Sup Ayam

Sumber: (Pexels)

Sup ayam adalah hidangan tradisional yang selalu disukai oleh banyak orang. Terbuat dari daging ayam yang direbus dengan sayuran segar seperti wortel, kentang, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Sup ayam cocok menjadi menu buka puasa yang enak dan mengenyangkan karena kaya akan nutrisi dan vitamin.

4. Nasi Kebuli

Sumber: (Pexels)

Nasi kebuli adalah hidangan khas Timur Tengah yang terbuat dari nasi basmati yang dimasak dengan bumbu rempah, daging kambing atau sapi, dan kacang almond serta kismis. Nasi kebuli bisa menjadi menu buka puasa yang enak dan mengenyangkan karena kaya akan karbohidrat dan protein.

5. Bakso

Sumber: (Pexels)

Bakso adalah hidangan Indonesia yang sangat populer dan bisa dijadikan menu buka puasa yang lezat dan mengenyangkan. Terbuat dari daging sapi yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung tapioka, kemudian direbus dalam kaldu yang kaya rasa. Bakso biasanya disajikan dengan mie, tahu, dan sayuran segar.

6. Sayur Lodeh

Sumber: (Pexels)

Sayur lodeh adalah hidangan Indonesia yang terbuat dari sayuran segar seperti labu, kacang panjang, wortel, dan daun singkong yang dimasak dengan santan kelapa dan bumbu rempah. Sayur lodeh cocok menjadi menu buka puasa yang enak dan mengenyangkan karena kaya akan nutrisi dan vitamin.

7. Nasi Uduk

Sumber: (Pexels)

Nasi uduk adalah hidangan khas Betawi yang terbuat dari nasi yang dimasak dengan santan kelapa dan rempah-rempah seperti daun salam, serai, dan kayu manis. Nasi uduk biasanya disajikan dengan telur dadar, ayam goreng, dan tempe goreng. Hidangan ini cocok menjadi menu buka puasa yang enak dan mengenyangkan karena kaya akan karbohidrat dan protein.

8. Es Buah

Sumber: (Pexels)

Es buah adalah hidangan penutup yang menyegarkan dan cocok untuk menyudahi sajian buka puasa. Terbuat dari potongan buah-buahan segar seperti jeruk, semangka, nanas, dan kelapa muda yang dicampur dengan sirup dan es batu. Es buah bisa menjadi pilihan yang sehat dan mengenyangkan setelah berbuka puasa.

9. Ketupat Sayur

Sumber: (Pexels)

Ketupat sayur adalah hidangan tradisional yang terdiri dari ketupat yang dimasak dengan kuah santan dan sayuran segar seperti labu siam, kacang panjang, dan daun melinjo. Ketupat sayur cocok menjadi menu buka puasa yang enak dan mengenyangkan karena kaya akan karbohidrat dan nutrisi.

10. Rendang

Sumber: (Pixabay)

Rendang adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan kelapa dan rempah-rempah seperti lengkuas, serai, dan daun jeruk. Rendang biasanya dimasak dalam waktu yang lama sehingga rasa rempahnya meresap ke dalam daging. Rendang cocok menjadi menu buka puasa yang enak dan mengenyangkan karena kaya akan protein dan nutrisi.

11. Sop Buntut

Sumber: Pexels)

Sop buntut adalah hidangan Indonesia yang terbuat dari ekor sapi yang dimasak dengan sayuran segar seperti wortel, kentang, dan tomat. Sop buntut biasanya disajikan dengan nasi putih atau roti. Hidangan ini cocok menjadi menu buka puasa yang enak dan mengenyangkan karena kaya akan nutrisi dan vitamin.

12. Martabak

Sumber: (Pixabay)

Martabak adalah hidangan Indonesia yang terdiri dari adonan tepung yang diisi dengan telur, daging cincang, bawang, dan rempah-rempah. Martabak biasanya disajikan dengan saus kacang dan bawang merah. Hidangan ini cocok menjadi menu buka puasa yang lezat dan mengenyangkan karena kaya akan protein dan karbohidrat.

13. Sayur Asem

Sumber: (Pixabay)

Sayur asem adalah hidangan Indonesia yang terbuat dari sayuran segar seperti kacang panjang, jagung, labu siam, dan terong yang dimasak dengan kuah asam. Sayur asem biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal terasi. Hidangan ini cocok menjadi menu buka puasa yang enak dan menyegarkan karena kaya akan vitamin dan nutrisi.

Itu tadi daftar makanan menu berbuka puasa yang enak dan mengenyangkan, perhatikan juga menu makanan sehari untuk penderita asam lambung.

Semoga bermanfaat!

 

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER