Perbedaan Micellar Water dan Make Up Remover, Mana yang Lebih Efektif?

5 November 2023 16:11 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seorang perempuan yang sedang membersihkan wajahnya. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Membersihkan wajah menjadi rutinitas penting yang tak boleh dilewatkan setelah seharian beraktivitas. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan micellar water dan make up remover. Lantas, apa bedanya kedua produk tersebut?

Kotoran di wajah akibat debu dan polusi dapat menyumbat pori-pori. Make up sekalipun jika tak dibersihkan dapat menimbulkan masalah pada wajah seperti komedo dan jerawat. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk rutin membersihkan wajah.

Ada dua produk yang bisa digunakan untuk membersihkan wajah yaitu micellar water dan make up remover. Keduanya memang sering dianggap sama. Padahal masing-masing memiliki kandungan yang berbeda.

Perbedaan micellar water dan make up remover

Micellar water memiliki kandungan micelles yang dikombinasikan dengan air murni. Micelles ini dapat menarik kotoran dan minyak seperti magnet. Tak heran jika micellar water dapat membersihkan kotoran dan sisa make up hingga ke pori-pori.

Tekstur micellar water juga lebih ringan sehingga lebih nyaman digunakan dan tidak lengket di kulit. Micellar water sangat direkomendasikan bagi yang memiliki tipe kulit berminyak atau rentan terhadap jerawat. Apalagi micellar water tak akan membuat kulit wajah menjadi kering.

Selain itu, fungsi micellar water sendiri juga cukup banyak. Mulai dari mencerahkan kulit wajah, mengatasi jerawat, serta melembabkan kulit.

Lain halnya dengan make up remover. Seperti namanya, make up remover digunakan khusus untuk menghapus make up. Kandungan oil membuatnya efektif menghapus me up tebal dan waterproof.

Kandungan oil ini hanya bekerja di lapisan kulit terluar saja. Residu make up di dalam pori-pori tak ikut terangkat jika hanya menggunakan make up remover. Oleh karena itu, kamu tetap harus menggunakan produk pembersih lainnya agar pori-pori tidak tersumbat.

Pentingnya double cleansing

Micellar water dan make up remover memang berfungsi untuk membersihkan make up dan kotoran di wajah. Yang terpenting adalah selalu melakukan double cleansing agar kotoran di wajah benar-benar terangkat.

Kamu bisa menggunakan make up remover untuk menghapus make up di wajah. Terlebih jika make up-mu tebal atau waterproof. Jika make up-mu tipis, maka gunakanlah micellar water.

Selanjutnya, gunakan sabun pencuci wajah (facial wash) baik itu foam, cream, atau gel yang kamu miliki. Hal ini agar wajahmu benar-benar bersih dari kotoran dan make up yang menyumbat pori-pori. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari berbagai macam masalah kulit wajah.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR