Michael Gambon Pemeran Dumbledore Meninggal Dunia di Usia 82

29 September 2023 11:09 WIB

Narasi TV

Michael Gambon saat berperan sebagai Albus Dumbledore di film Harry Potter. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Aktor senior Michael Gambon yang dikenal atas perannya sebagai Albus Dumbledore di film Harry Potter meninggal dunia di usia 82 tahun.

Berdasarkan pernyataan dari pihak keluarga pada Kamis (28/9/2023), Michael Gambom meninggal dunia akibat penyakit pneumonia yang dideritanya.

"Dengan kesedihan mendalam kami mengumumkan bahwa Sir Michael Gambon telah meninggal dunia," demikian bunyi pernyataan dari publisis Clair Dobbs sebagaimana dilansir dari PA Media.

"Ayah dan suami tersayang, Michael meninggal dunia dengan tenang di rumah sakit ditemani istrinya Anne dan anaknya Fergus di sisinya, setelah mengalami serangan pneumonia," lanjut pernyataan tersebut.

"Kami meminta Anda untuk menghormati privasi kami di masa-masa berkabung ini dan terima kasih atas pesan-pesan dukungan dan cinta yang diberikan."

Michael Gambon lahir di Dublin, Irlandia, dan pindah ke London semasa kecil. Gambon tumbuh di tengah komunitas imigran Irlandia di Camden dan mendapatkan pekerjaan magang pertamanya sebagai tukang pembuat alat.

Pekerjaan itu membuat Gambon memiliki ketertarikan terhadap pistol antik, jam, dan mobil klasik.

Sembari magang, Gambon belajar di Royal Academy of Dramatic Art dan melakukan debut di Dublin pada pertunjukkan teater Othello yang diproduksi oleh Gate Theatre.

Sepanjang hidupnya, Michael Gambon telah bermain dalam banyak program TV, film, dan radio, termasuk The Singing Detective yang merupakan serial hit tahun 1980-an.

Meski demikian, perannya sebagai kepala sekolah Hogwarts di serial Harry Potter-lah yang membuatnya paling dikenal hingga saat ini.

Gambon menjadi Dumbledore menggantikan Richard Harris yang meninggal dunia pada 2002. Total, Gambon tampil dalam delapan film Harry Potter.  

Sepanjang kariernya, Michael Gambon mendapatkan sejumlah penghargaan Best Actor dari British Academy Television Awards (BAFTAs) dan memperoleh dua nominasi Emmy Awards. 

Ucapan belasungkawa dari cast

Rupert Grint pemeran Ron Weasley di film Harry Potter, mengungkapkan rasa belasungkawa atas meninggalnya Gambon melalui akun Instagramnya.

"Sangat sedih mendengar tentang [meninggalnya] Michael. Dia membawa banyak kehangatan dan kejahilan setiap harinya di lokasi syuting," tulis Grint mengenang masa-masa produksi film Harry Potter.

"Dia mencuri perhatianku sebagai anak kecil dan menjadi sosok panutan personalku dalam hal menemukan kesenangan dan sisi eksentrik dalam hidup," lanjutnya.

James Phelps yang berperan sebagai Fred Weasley juga mengunggah pernyataan duka citanya di X (sebelumnya Twitter).

"Sangat sedih mendengar kematian Michael Gambon. Dia, baik di depan maupun belakang kamera, adalah seorang legenda," ujarnya.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR