Mobil Listrik Bisa Cas di Mana Saja Selama Perjalanan Ketika Mudik?

18 April 2023 14:04 WIB

Narasi TV

Pemudik mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) di 'Rest Area' KM 130A Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Indramayu, Jawa Barat, Minggu (16/4/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Pengguna Mobil Listrik, pernahkah bertanya Mobil listrik bisa cas di mana saja selama perjalanan ketika mudik? Jangan khawatir kehabisan daya listrik mobil selama perjalanan mudik lebaran kali ini.

Mobil Listrik tetap cocok untuk digunakan sebagai alat transportasi untuk perjalanan jauh, termasuk mudik lebaran Idulfitri. Namun demikian, pemudik yang menggunakan mobil listrik harus memastikan untuk mempersiapkan segala kondisi fisik kendaraan dengan teliti.

Termasuk menghitung daya dan lokasi charging station agar tidak sampai kehabisan di tengah perjalanan mudik lebaran.

Penyebaran charging station

Lokasi charging station bagi pengguna mobil listrik hingga saat ini telah terdapat 267 unit stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) di Indonesia. Adapun 120 unit di antaranya adalah milik PT PLN.

Rincian seluruh SPKLU yang dimiliki oleh PT PLN telah tersebar di 92 lokasi di 46 kota-kota Indonesia.

Pengguna mobil listrik akan bisa menemukan SPKLU di beberapa titik jalur mudik lebaran nanti. Salah satunya adalah di tempat peristirahatan ruas tol Trans Jawa mulai dari Jakarta–Surabaya, yaitu SPKLU Rest Area KM 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area KM 510 A/B Sragen.

Tol Trans Sumatera pun terdapat charging station yang telah disediakan oleh PT PLN. SPKLU tersebut berada di beberapa titik, yaitu di Rest Area km 20 B, Rest Area km 116 B arah Bakauheni, Rest Area km 49 A arah Palembang, serta Rest Area km 234 A arah Palembang.

Permudah dengan aplikasi khusus

Pemilik mobil listrik juga dapat melakukan pengisian daya di beberapa kantor cabang PLN. Kamu bisa mengetahui informasi lebih lengkapnya dengan melakukan pengecekan lokasi SPKLU pada aplikasi PLN Mobile di fitur “Electric Vehicle.”

Transaksi pengisian daya baterai mobil pun dapat dilakukan dengan melakukan aplikasi tersebut sehingga akan membuat praktis saat melakukan perjalanan mudik.

Perlu diketahui juga bahwa rata-rata mobil listrik dapat melakukan jarak tempuh sekitar 300 km jika baterai dalam kondisi penuh. Namun demikian, sebaiknya hindari pemakaian mobil hingga kehabisan baterai total.

Hal tersebut akan mengakibatkan durasi charging yang lama dan terjadinya risiko menyebabkan kehabisan daya di tengah mudik lebaran.

Demikian informasi seputar tempat pengecasan mobil listrik selama perjalanan mudik lebaran tahun ini.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR