MOMOLAND Resmi Bubar Februari 2023, Berikut Perjalanan Karier Mereka Selama Tujuh Tahun

16 Feb 2023 15:02 WIB

thumbnail-article

Para member girlband Momoland. Sumber: Soompi.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

MOMOLAND mengumumkan bubar setelah berkarya di industri Kpop selama tujuh tahun pada Selasa, 14 Februari 2023. Pernyataan tersebut diunggah oleh setiap member MOMOLAND melalui akun Instagram mereka yaitu Hyebin, Jane, Nayun, JooE, Ahin, dan Nancy. Keenam member MOMOLAND akan melanjutkan karir masing-masing.

Meski berkarir masing-masing, member MOMOLAND akan terus menjadi tim. Tak lupa, mereka juga menyampaikan terima kasih kepada Merries, penggemar MOMOLAND yang senantiasa mendukung MOMOLAND selama berkarya menjadi girlband.

“Pertama-tama, kami dengan tulus meminta maaf kepada Merries yang mendengar berita ini lewat artikel. Kami benar-benar minta maaf atas kabar yang terlambat. Setelah diskusi panjang dan mendalam, kami berenam telah memutuskan untuk mendukung satu sama lain dengan memulai awal baru yang hebat ke depan,”tulis pernyataan para member MOMOLAND melalui akun Instagram mereka.

Isu bubarnya MOMOLAND ini sudah dideteksi sejak keputusan mereka mengakhiri kontrak bersama MLD Entertainment Januari lalu. Walau demikian, MOMOLAND termasuk girlband yang bekerja sama dengan agensi dalam waktu cukup lama. 

Diduga karena agensi

Para Merries menduga bubarnya MOMOLAND bukan karena keinginan masing-masing member, melainkan karena agensinya yaitu MLD Entertainment. Dugaan muncul pasca beberapa girlband di bawah naungan agensi tersebut juga menyebut bahwa kontrak mereka tidak diperpanjang. Girlband tersebut di antaranya adalah Everglow, Cherry Bullet, dan After School.

Walaupun dugaan tersebut muncul dari berbagai komentar warganet di media sosial, tetapi agensi belum merilis keterangan resmi terkait pembubaran MOMOLAND. Mereka hanya menyampaikan terima kasih dan dukungan kepada MOMOLAND untuk terus berkarya masing-masing di luar agensinya.

Perjalanan karir MOMOLAND

Berawal dari program Finding Momoland di saluran M.net, MOMOLAND berisikan tujuh member di antaranya Hyebin, Jane, Nayun, JooE, Yeonwoo, Ahin, dan Nancy di tahun 2016. Mereka mengeluarkan album pertama berjudul Welcome to MOMOLAND dengan single utamanya berjudul “JJan! Koong! Kwang!”.

Setahun kemudian, member MOMOLAND bertambah menjadi sembilan orang yaitu Taeha dan Daisy. Periode 2019-2020. formasi grup pun berubah. Taeha dan Yeonwoo mengundurkan diri dari grup, sementara Daisy dipecat MLD Entertainment.

Perubahan formasi member tak lantas membuat MOMOLAND berhenti berkarya. Mereka banyak merilis single dan mini album. MOMOLAND sempat merilis lagu original soundtrack Drama Korea Tempted (2018) dan The  All Round Wife (2021) dengan lagu berjudul Dream Song.

Tahun 2020, MOMOLAND sempat menandatangani kontrak dengan ICM Partners di Amerika Serikat, diikuti dengan rilisnya single “Ready or Not”. MOMOLAND juga berhasil memenangkan piala Asia Artist Awards kategori AAA Best Choice Singer. Terbaru, MOMOLAND merilis single berjudul “Yummy Yummy Love”.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER