Daftar Negara Penghasil Kelapa Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Pertama

18 Desember 2023 16:12 WIB

Narasi TV

Pedagang kelapa yang sedang menata dagangannya. Sumber: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/ama.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Terdapat sejumlah negara yang menjadi penghasil buah kelapa terbesar di dunia, salah satunya Indonesia. Sebagaimana diketahui, buah kelapa tidak tumbuh di sembarang tempat dan hanya dapat dijumpai di kawasan tropis. 

Kelapa tumbuh subur di negara-negara Asia Tenggara, Asia Selatan, dan Amerika Selatan. Tak heran jika sejumlah negara di wilayah itu disebut sebagai penghasil kelapa terbesar di dunia. 

Indonesia, Filipina dan India menjadi tiga negara yang konsisten mencatatkan total produksi kelapa terbesar di dunia. Perpaduan antara area perkebunan yang luas dan iklim tropis yang cocok untuk pertumbuhan kelapa membuat ketiga negara itu menjadi pionir dalam produksi kelapa skala global. 

Selain ketiga negara tersebut, terdapat sejumlah negara lainnya yang juga dikenal sebagai penghasil kelapa dunia. Dilansir dari Statista, berikut ini daftar negara produsen kelapa terbesar di dunia.

  • Indonesia - 17,16 ton

Indonesia merupakan penghasil kelapa terbesar di dunia dengan total produksi kelapa sebesar 17,16 ton pada 2021. Iklim tropis di Indonesia sangat mendukung pertumbuhan pohon kelapa sehingga menghasilkan jumlah panen yang sangat tinggi. Indonesia juga mengekspor kelapa segar dan olahan, termasuk di antaranya santan, krim, dan kopra.

  • Filipina - 14,72 ton

Filipina merupakan produsen kelapa terbesar kedua di dunia setelah Indonesia. Wilayah Luzon, Mindanao Selatan, dan Visayas Timur adalah beberapa lokasi yang paling banyak menghasilkan kelapa. Diperkirakan, sekitar seperempat dari total lahan pertanian di Filipina didedikasikan untuk produksi kelapa.

  • India - 14,3 ton

India berada di urutan ketiga negara dengan produksi kelapa terbesar di dunia. Produksi kelapa sangat penting bagi industri pertanian dan perekonomian di India secara keseluruhan, terutama di daerah pedesaan. 

  • Sri Lanka - 2,5 ton

Menyusul India, negara tetangganya yaitu Sri Lanka menempati urutan keempat produsen kelapa terbesar di seluruh dunia. Iklim negara yang hangat dan cerah sangat ideal untuk pertumbuhan kelapa sehingga Sri Lanka dapat menghasilkan buah tropis ini dalam jumlah besar.

  • Brasil - 2,48 ton

Bergeser ke Amerika Latin, ada Brasil yang menjadi produsen kelapa terbesar kelima di dunia. Meskipun jumlahnya tidak sebesar negara-negara Asia, produksi kelapa di Brasil terus meningkat seiring dengan meningkatnya permintaan produk kelapa. Sebagaimana di negara lainnya, produksi kelapa merupakan bagian penting dari perekonomian negara di Brasil.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR