Netflix Hentikan Fitur Sharing Password Karena Banyak Disalahgunakan Pengguna

3 Februari 2023 17:02 WIB

Narasi TV

Smartphone dengan logo Netflix terlihat di depan grafik saham yang menurun pada ilustrasi yang diambil pada 19 April 2022. REUTERS/Dado Ruvic

Penulis: Rusti Dian

Editor: Rizal Amril

Netflix berencana untuk menghentikan fitur berbagi password atau sharing password secara gratis kepada penggunanya pada bulan Maret 2023. 

Isu penghentian fitur sharing password gratis ini sebenarnya sudah dihembuskan sejak tahun 2022.

Penghentian fitur ini dikarenakan banyak pengguna yang menyalahgunakan fitur sharing password dan merugikan Netflix.

Sebelumnya dalam surat yang disampaikan kepada pemegang saham Netflix tanggal 19 Januari 2023 lalu dijelaskan bahwa dari 230 juta pengguna Netflix terdapat lebih 100 juta pengguna yang menggunakan sharing account

Pihak Netflix menyatakan bahwa hal itu mengurangi kemampuan Netflix untuk berinvestasi jangka panjang dan mengembangkan Netflix.

Sebagai gantinya, pada kuartal pertama 2023 Netflix akan meluncurkan sistem pembayaran baru untuk fitur sharing account. 

Pedoman yang bocor

Baru-baru ini Netflix secara tidak sengaja mengunggah pedoman atau guideline cara menindak akun yang memberikan sharing password pada akun tidak dikenal. 

Pedoman tersebut juga menjelaskan bagaimana fitur sharing password berbayar baru milik Netflix. 

Namun, pedoman yang sedang diuji coba di Chile, Peru dan Kosta Rika tersebut langsung dihapus oleh Netflix. Sebagai info tambahan, sistem sharing password berbayar sedang diuji coba di tiga negara tersebut.

Pedoman yang bocor tersebut terdapat di dalam laman web "sharing your Netflix account" yang menjadi bagian dari fitur Help Center Netflix yang tersedia di Chile, Peru dan Kosta Rika. 

Dalam laman tersebut dijelaskan bahwa fitur sharing password masih dapat digunakan, namun akan terbatas pada area pengguna akun primer. Mudahnya, fitur ini masih bisa dipakai di satu area rumah yang sama.

Mereka yang tidak dianggap Netflix menjadi bagian dari keluarga harus menggunakan akun terpisah atau pemilik akun primer bisa menambahkannya ke dalam extra member. 

Pedoman tersebut juga menyatakan bahwa harga untuk menambah extra member dengan fitur premium atau standar berada di bawah harga Netflix basic plan

Biaya bulanan Netflix nantinya akan dibebankan kepada pemilik akun yang menambahkan extra member

Pedoman tersebut juga menambahkan jika terdapat perangkat yang masuk di luar lokasi primer, maka perangkat tersebut akan diblok oleh Netflix. Untuk mendeteksi hal itu Netflix akan menggunakan alamat IP, ID perangkat, dan informasi akun.

Akan tetapi, dalam panduan yang bocor tersebut terdapat pengecualian jika mengakses Netflix di luar lokasi primer. 

Pertama pengguna bisa menggunakan kode khusus yang memberi akses sementara  atau meng-update lokasi akun primer.

Kedua, perangkat di luar lokasi primer harus menjadi “trusted device” terlebih dahulu. 

Perangkat yang dianggap trusted device menurut pedoman tersebut adalah perangkat yang tersambung dengan wifi yang sama dengan akun primer dan/atau perangkat yang pernah masuk ke akun Netflix di lokasi primer minimal satu kali dalam 31 hari.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR