Lafal Niat Puasa Arafah, Arab, Latin dan Juga Terjemahannya

13 Mar 2023 21:03 WIB

thumbnail-article

Seorang pria dengan baju putih sedang berdoa (Pexels)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Puasa Arafah merupakan salah satu puasa yang disunahkan dalam agama Islam, puasa ini dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijah,  saat para jemaah haji melakukan wukuf di Arafah, Arab Saudi.

Puasa sunah satu ini memiliki beberapa keutamaan, yang pertama dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. 

Hal tersebut sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW dalam hadis berikut. 

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Zulhijah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharam) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim).  

Keutamaan puasa Arafah yang kedua adalah dibebaskan dari siksa api neraka, penjelasan ini merujuk pada hadis Nabi Muhammad SAW berikut.

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟

Artinya: "Tidak ada hari di mana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim).

Niat puasa Arafah

Jika berbicara mengenai puasa tentunya ada rukun yang dilakukan di dalamnya salah satunya adalah niat puasa, berikut adalah bacaan niat puasa Arafah.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ.

Artinya, “Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”  

Jika kamu tidak sempat atau lupa melafalkan niat puasa Arafah ketika selesai sahur, maka kamu bisa melafalkannya niatnya pada siang hari hingga menjelang tergelincirnya matahari.

Hal tersebut boleh dilakukan asalkan kamu belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan, minum, dan lain-lainnya.

Berikut adalah niat puasa Arafah untuk dilafalkan pada siang hari ketika lupa membacanya saat malam:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى 

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ.   

Artinya: Saya niat puasa sunah Arafah karena Allah ta’âlâ.  

Demikian niat puasa Arafah yang bisa dilafalkan ketika hendak melaksanakan ibadah sunah satu ini.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER