Niat Sholat Taubat yang Benar dan Tata Caranya

2 Feb 2023 20:02 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi dua orang muslim tengah melakukan sholat taubat. (Sumber: Freepik/rawpixel.com)

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Niat sholat taubat, beserta tata cara dan juga doa-doanya, perlu diketahui oleh seorang muslim.

Tidak bisa dipungkiri bahwasannya setiap hamba Allah pasti pernah melakukan perbuatan salah atau dosa. Maka dari itu, kita perlu mengetahui cara memohon ampunan Allah SWT.

Dalam melaksanakan sholat taubat tentulah harus dibarengi dengan keikhlasan, keseriusan, penyesalan, serta janji untuk tidak mengulangi dosa atau kesalah yang sama.

Allah sendiri merupakan Maha Pengampun dan akan membuka pintu taubat untuk umatnya. Allah SWT telah berfirman dalam Al-Qur'an surah At Tahrim ayat 8 untuk melakukan taubat:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَّصُوحًا عَسَى رَبُّكُمْ أَن يُكَفِّرَ عَنكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ نُورُهُمْ يَسْعَى بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Bertaubatlah kamu kepada Allah dengan 'taubat nasuha' (taubat yang sebenar-benarnya), mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapuskan kesalahan-kesalahan kamu dan memasukkan kamu ke dalam Surga yang mengalir di bawahnya beberapa sungai, pada hari Allah tidak akan menghinakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama-sama dengannya;” 

“Cahaya (iman dan amal soleh) mereka, bergerak cepat di hadapan mereka dan di sebelah kanan mereka (semasa mereka berjalan); mereka berkata (ketika orang-orang munafik meraba-raba dalam gelap-gelita): "Wahai Tuhan kami! Sempurnakanlah bagi kami cahaya kami, dan limpahkanlah keampunan kepada kami; sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas tiap-tiap sesuatu," (QS. At- Tahrim: 8).

Tata cara sholat taubat

  • Niat Sholat Taubat,

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَي

Ushalli sunnatat taubati rak’ataini lillahi ta’ala

Artinya, “Saya niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Takbiratulihram,
  • Membaca doa iftitah (sunah),
  • Membaca surat Al-Fatihah,
  • Membaca surah dalam Al-Quran,
  • Ruku dan membaca doa saat ruku sebanyak tiga kali,
  • Iktidal dan membaca doa iktidal,
  • Duduk di antara dua sujud (membaca doa robbighfirlii warhamnii),
  • Sujud kedua (membaca tasbih sujud tiga kali),
  • Bangun melanjutkan rakaat kedua seperti urutan di atas,
  • Tasyahud akhir (membaca tasyahud akhir),
  • Salam.

Doa sesudah sholat taubat

Selesai melaksanakan sholat taubat, dianjurkan untuk banyak membaca zikir yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW berikut.

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

Astaghfirullahal ladzi laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaihi.

Artinya: "Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya."

Setelah membaca zikir dilanjutkan untuk membaca doa salat taubat beriut:

اللّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لآاِلهَ اِلَّااَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَناَ عَبْدُكَ وَأَناَ عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوْذُ بِكَ من شَرِّمَاصَنَعْتَ. اَبُوْءُلَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَي وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اَنْتَ

Allaahumma anta rabbii laa ilaaha illaa anta khalaqtanii wa ana'abduka wa ana'alaa 'ahdika wa wa'dika mastatha'tu a'uudzubika min syarri maa shana'tu. abuu ulaka bini'matika 'alayya wa abuu u bidzanbi fahghfirlii fa innahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa anta.

Artinya: "Wahai Tuhan, Engkau adalah Tuhanku, tiada yang patut disembah melainkan hanya Engkau, Engkaulah yang menjadikan aku dan aku adalah hamba-Mu, dan aku dalam ketentuan dan janji-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku dan aku mengakui dosaku, karena itulah ampunilah aku, sebab tidak ada yang dapat memberi ampunan melainkan Engkau wahai Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku perbuat."

Waktu pelaksanaan salat taubat

Shalat taubat bisa dilakukan kapan saja, namun meskipun begitu, terdapat beberapa waktu yang hukumnya haram melaksanakan salat taubat, yaitu:

  • Saat waktu menjelang matahari tenggelam hingga matahari benar-benar sempurna tenggelam,
  • Saat dimulainya waktu salat Asar hingga tenggelam matahari,
  • Saat matahari terbit hingga matahari naik sepenggalah,
  • Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong.

Waktu terbaik dalam melaksanakan sholat taubat adalah di dua pertiga malam atau qiyamul lail

Pada dua pertiga malam tersebut, salat taubat akan lebih baik jika dibarengi dengan salat tahajud dan diakhiri dengan salat witir.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER