6 Olahraga yang Cocok Dilakukan Saat Cuaca Panas

9 Oktober 2023 12:10 WIB

Narasi TV

Berenang adalah salah satu olahraga yang bisa dilakukan saat cuaca sedang panas. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Olahraga merupakan aktivitas yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jasmani maupun rohani. 

Sayangnya, cuaca panas yang belakangan ini tengah terjadi kerap membuat banyak orang malas bergerak dan berolahraga.

Tak hanya itu, olahraga yang dilakukan saat suhu udara tinggi juga dapat berakibat fatal jika tidak dilakukan dengan benar. 

Melakukan olahraga di dalam ruangan atau indoor menjadi alternatif yang dipilih oleh sebagian orang. Namun, bukan berarti Anda tak bisa melakukan olahraga di luar ruangan atau outdoor saat cuaca sedang panas. 

Berikut ini sejumlah olahraga yang direkomendasikan untuk dilakukan di tengah cuaca panas.

  • Yoga

Saat cuaca sedang panas-panasnya, yoga dapat menjadi pilihan olahraga yang tepat. Yoga bisa dilakukan di dalam ruangan berpendingin udara atau di tempat yang teduh. 

Yoga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan. Selain itu, yoga juga bisa mengurangi stres serta meningkatkan kualitas tidur. 

  • Pilates

Olahraga lainnya yang bisa dilakukan saat cuaca panas adalah pilates. Sama seperti yoga, pilates bisa dilakukan di tempat yang fleksibel, di dalam maupun di luar ruangan. 

Jika hendak berolahraga pilates di luar ruangan, carilah tempat yang teduh dan lakukan di waktu pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu panas. 

Olahraga pilates dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan. Tak hanya itu, pilates juga bisa membantu mengurangi nyeri punggung dan memperbaiki postur tubuh. 

  • Berenang

Berenang merupakan olahraga yang ideal untuk dilakukan saat cuaca sedang terik-teriknya. Selain menyegarkan, berenang juga membantu menjaga suhu tubuh supaya tetap sejuk. 

Berenang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan mulai dari menjaga kesehatan jantung, mengurangi risiko cedera, hingga membakar kalori. 

  • Jogging

Jogging atau lari kecil juga bisa dilakukan saat cuaca sedang panas. Namun, jogging di tengah suhu yang tinggi harus dilakukan dengan beberapa pertimbangan. 

Berbagai manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari jogging antara lain meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, melatih kekuatan otot, dan membakar kalori. 

Meski demikian, olahraga ini sebaiknya hanya dilakukan di area yang teduh pada waktu pagi atau sore hari. Pastikan juga untuk mengenakan pakaian yang nyaman dan menyerap keringat serta melakukan teknik pernapasan yang tepat. Jangan lupa untuk minum air secukupnya usupaya terhindar dari risiko dehidrasi.

  • Bersepeda

Cuaca yang panas bukan halangan bagi penggemar olahraga bersepeda. Olahraga ini direkomendasikan karena cukup terjangkau untuk dilakukan oleh berbagai kalangan. 

Sebelum bersepeda, tentukan rute gowes yang teduh dan sejuk, serta pertimbangkan waktu yang tepat ketika cuaca tidak terlalu panas. 

Nah, itu dia beberapa olahraga yang bisa dilakukan saat cuaca panas. Namun, perlu diingat bahwa aktivitas fisik yang dilakukan secara berlebihan saat kondisi cuaca panas dapat mengakibatkan risiko kesehatan seperti heatstroke. 

Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal sebelum berolahraga seperti suhu udara, jenis pakaian yang dikenakan, intensitas berolahraga, serta waktu yang tepat untuk berolahraga. 

Semoga bermanfaat!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR