7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Semarang beserta Toko dan Harganya

18 Apr 2023 14:04 WIB

thumbnail-article

Bandeng presto, salah satu buah tangan kuliner khas Semarang. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Musim mudik sudah tiba. Berbagai daerah berlomba-lomba membuat rekomendasi tempat wisata, kuliner, oleh-oleh untuk menyambut para pengunjung dari luar daerahnya. Berikut ini rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang wajib masuk list kalian.

Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah yang memiliki beragam kuliner menarik untuk dicoba. Apalagi ketika Lebaran, beberapa orang merasa bosan dengan makanan yang disajikan di rumah. Jadi, bagi kamu yang sedang berkunjung ke Semarang, tidak ada salahnya untuk mencicipi kuliner di sekitar sini.

Oleh-oleh makanan khas Semarang

Berikut ini berbagai rekomendasi oleh-oleh khas Semarang yang wajib dibawa pulang:

  • Lumpia Semarang

Oleh-oleh yang satu ini wajib banget masuk list kalian. Lumpia Semarang bisa dikatakan berbeda dengan lumpia pada umumnya. Lumpia ini adalah gorengan yang terbuat dari kulit lumpia dengan isian rebung, telur orak-arik, dan irisan ayam atau udang. Pasangan menyantap lumpia ini adalah saus yang berwarna kecoklatan, cabai, dan acar. 

Harga lumpia Semarang mulai dari Rp9.000. Kamu bisa memilih opsi membeli lumpia Semarang yang digoreng crispy atau basah alias tidak digoreng. Lumpia ini ada yang dibungkus dengan menggunakan plastik atau besek (anyaman dari bambu).

Beberapa tempat untuk membeli lumpia Semarang ini adalah Lumpia Pak Sastro, Lumpia Amoy, Lumpia Express, dan Lumpia Lifes Joy.

  • Bandeng presto

Selanjutnya adalah bandeng presto. Bandeng tanpa tulang ini dimasak di dalam daun pisang, kunyit, bawang putih, dan garam. Cara memasaknya yaitu dimasak dalam panci bersuhu tinggi sehingga ikan bandeng tersebut bisa menjadi empuk dan bumbunya meresap sempurna.

Harga bandeng presto ini dimulai dari Rp50.000. Kamu bisa membeli bandeng presto ini di Bandeng Juwana yang tersebar di beberapa titik di Semarang. Selain bandeng presto, kamu juga bisa mencoba bandeng asap, otak-otak bandeng, dan bandeng tauco.

  • Tahu bakso

Tahu bakso memang bukan kuliner asli Semarang. Namun, tahu bakso Semarang memiliki rasa yang unik dengan harga yang murah. Campuran tahu bakso tersebut adalah daging giling yang dicampur dengan tepung. Kamu bisa memilih tahu bakso goreng atau tidak digoreng sesuai selera.

Harga tahu bakso dimulai dari Rp45.000 per kotak isi 10 pcs. Rekomendasi tempat untuk membeli tahu bakso ini adalah Tahu Bakso Bu Pudji di Kecamatan Candisari, Semarang, Jawa Tengah.

  • Kue moaci

Kue moaci atau kue mochi ini berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari tepung ketan berisi gula aren dan kacang lembut. Yang membedakan kue moaci khas Semarang ini adalah adanya taburan wijen di kulit moaci.

Oleh-oleh kue moaci bisa kamu beli di Moaci Gemini yang sudah berdiri sejak 1985. Harga kue moaci ini mulai dari Rp79.900 untuk satu dus berisi 25.

  • Kopi Banaran

Kopi Banaran ini menjadi salah satu kopi khas Semarang yang berjenis robusta. Area perkebunannya berada di Kebun Kopi Getas Afdeling Assinan di Jalan Raya Semarang-Solo, Bawen, Semarang.

Harga kopi Banaran dibanderol mulai dari Rp30.000 per 250 gram. Kamu bisa membeli kopi Banaran langsung di Kampoeng Kopi Banaran atau di beberapa toko oleh-oleh di Semarang.

  • Kue ganjel rel

Roti ganjel rel alias roti pengganjal rel ini memiliki tekstur yang alot dan sedikit bantat. Warna roti ini coklat seperti kayu untuk mengganjal rel sehingga disebut roti ganjel rel. Aroma kayu manis dari roti ini membuatnya wangi dan enak disantap.

Roti berukuran 10x30 cm ini dijual dengan harga Rp24.000. Kamu bisa membeli roti ganjel rel di Toko Oen, Nyonyah Cakery, dan lain sebagainya.

  • Wingko babat

Wingko babat adalah kue khas Semarang yang terbuat dari kelapa dengan tekstur legit. Berbagai varian rasa yang disajikan wingko babat ini mulai dari rasa nangka, durian, aren, pisang, kelapa, dan coklat.

Harga wingko babat mulai dari Rp46.000 setiap dusnya. Kamu bisa membeli wingko babat di Wingko Babat Cap Kereta Api atau di toko oleh-oleh di Semarang

Itu tadi rekomendasi oleh-oleh makanan khas Semarang. Masih banyak kuliner dan oleh-oleh khas Semarang yang menarik untuk dicoba. Jadi, belilah oleh-oleh sebanyak-banyaknya ya!

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER