7 Tips Aman Mudik Sendirian Bagi Perempuan

7 April 2023 12:04 WIB

Narasi TV

Seorang perempuan yang siap bepergian jauh. Sumber: Freepik.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Melakukan perjalanan seorang diri bagi perempuan merupakan hal yang lumrah, termasuk saat mudik Lebaran. Namun, perempuan yang akan mudik sendirian perlu berhati-hati dan tetap menjaga kewaspadaan. 

Tidak dapat dipungkiri, perempuan lebih rentan menjadi korban kejahatan dan kekerasan dibandingkan laki-laki. Hal ini juga berlaku pada kasus kejahatan yang terjadi di ruang publik. Salah satu penyebabnya yaitu adanya ketimpangan gender dan anggapan bahwa perempuan merupakan makhluk yang lemah.

Jika kamu seorang perempuan yang hendak mudik sendirian saat Lebaran, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan supaya mudikmu berjalan aman dan nyaman. 

  • Bawa barang secukupnya

Saat melakukan perjalanan sendiri menggunakan kendaraan umum, tentunya kamu tidak bisa membawa terlalu banyak barang. 

Selain tidak praktis, membawa barang terlalu banyak hanya akan menghambat gerakmu. Tak hanya itu, kamu juga lebih rentan menjadi korban pencurian karena sulit mengawasi barang bawaan yang banyak.  

Oleh karena itu, bawalah barang seminimal mungkin saat mudik sendirian. Kamu bisa memuat barang bawaan ke dalam satu ransel dan satu tas selempang kecil yang mudah dijangkau. 

Pastikan juga tas yang kamu pakai tertutup rapat sehingga tidak ada celah bagi pencuri untuk mengutil barang bawaanmu. Jika perlu, kamu bisa menggunakan gembok untuk mengunci tas.

  • Percaya diri

Jika kamu baru pertama kali melakukan perjalanan jarak jauh sendirian, mungkin akan muncul kekhawatiran dalam diri. Namun, jangan tunjukkan bahwa kamu merasa cemas atau takut. Perasaan takut dan bingung yang tampak dari raut wajah dapat membuatmu menjadi sasaran kejahatan.

Sebaliknya, tunjukkan bahwa kamu tahu apa yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu tidak akan menarik perhatian orang-orang di sekitarmu. 

  • Pastikan kondisi tubuh sehat

Melakukan perjalanan sendiri artinya harus mengurus segala sesuatu sendirian, termasuk menyangkut kondisi kesehatan. Oleh karena itu, pastikan tubuh dalam kondisi prima sebelum melakukan berangkat supaya perjalanan berjalan lancar. 

  • Catat nomor darurat

Persiapkan hal-hal yang diperlukan di situasi darurat, seperti kontak atau nomor penting yang bisa dihubungi. Mencatat kontak darurat merupakan bentuk antisipasi terhadap skenario terburuk yang dapat terjadi di tengah perjalanan. 

Jangan lupa juga untuk selalu mengabari orang terdekat tentang kondisi, situasi, dan lokasimu secara berkala.  

  • Bawa alat pertahanan diri

Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya bagi perempuan untuk membawa alat pertahanan diri seperti semprotan bubuk cabai atau lada.

Saat ini, sudah banyak yang menjual paket peralatan pertahanan diri berisikan bubuk cabai, tongkat pemukul, dan peluit atau alarm. 

Memiliki alat pertahanan diri seperti ini penting untuk melindungi diri dari kejahatan yang mungkin menimpa.

  • Gunakan pakaian dan riasan sederhana

Saat mudik, gunakan pakaian yang membuatmu merasa nyaman, contohnya baju atau jaket yang longgar. Pilih pakaian dengan model dan warna yang yang tidak mencolok. Hindari juga menggunakan riasan atau perhiasan yang berlebihan. 

Selain memudahkan gerak, penampilan yang sederhana dan tidak mencolok akan mengindarkanmu dari perhatian orang-orang jahat. 

  • Selalu memperhatikan sekitar

Tips terakhir bagi kamu perempuan yang akan mudik sendirian yaitu usahakan untuk selalu terjaga dan memperhatikan situasi sekitar. 

Karena itu, penting untuk tidur cukup sebelum melakukan perjalanan supaya terhindar dari rasa lelah dan kantuk. 

Jika rasa kantuk melanda, kamu dapat melakukan aktivitas lain yang menghibur dan dapat mengalihkanmu dari kantuk, seperti menonton film atau bermain game di ponsel. Intinya, jangan lengah!

Demikian tips-tips bagi perempuan yang akan mudik sendirian di Lebaran tahun ini. Pastikan persiapanmu matang sebelum melakukan perjalanan ya, girls

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR