Apa Itu Orientasi? Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya

21 Januari 2024 16:01 WIB

Narasi TV

Ilustrasi orientasi di perguruan tinggi.  (Sumber: ANTARA/HO- Humas Unimed)

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Rizal Amril

Orientasi adalah kegiatan yang biasanya dilakukan ketika seseorang menapaki jenjang baru di bidang karier, pendidikan, atau organisasi. 

Tujuan dilakukannya orientasi adalah untuk mengenalkan individu pada lingkungan baru sehingga mereka dapat beradaptasi dengan lebih mudah. 

Artikel ini akan menjelaskan perihal orientasi mulai dari definisi, jenis-jenisnya, manfaat, serta contoh dari orientasi.

Pengertian orientasi

Orientasi merupakan proses penyampaian informasi dan panduan kepada individu yang baru saja memasuki lingkungan baru. 

Orientasi dilakukan untuk membantu siswa, mahasiswa, atau pegawai baru agar mereka mendapatkan pemahaman yang baik tentang lingkungan tersebut. 

Dalam konteks pendidikan, orientasi biasa diterapkan pada siswa maupun mahasiswa yang baru memasuki sekolah atau perguruan tinggi. 

Selain sebagai bentuk sambutan dari sekolah, program orientasi juga merupakan ajang pengenalan pelajar baru dengan sesama peserta didik, guru, kakak kelas, hingga karyawan. 

Sementara itu, orientasi yang dilakukan di ranah pekerjaan biasanya dilakukan untuk memberi gambaran pada pegawai baru terkait budaya perusahaan, rekan kerja, dan tugas mereka nantinya. 

Jenis-jenis orientasi

Orientasi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

1. Orientasi formal

Orientasi formal merupakan jenis orientasi yang diadakan di institusi formal dalam bidang pendidikan, pemerintahan, dan perusahaan. 

Orientasi formal bertujuan untuk mengenalkan individu dengan lingkungan yang baru. 

2. Orientasi individu atau personal

Orientasi perorangan merupakan program orientasi yang diberikan secara terencana pada satu orang dengan tujuan memberikan arahan atau menjelaskan tugas secara perorangan. 

3. Orientasi spasial

Orientasi ini mengacu pada kemampuan mengidentifikasi posisi objek atau titik yang ada di dalam ruangan. 

Orientasi spasial biasanya digunakan dalam tes psikologi untuk mengukur kemampuan individu dalam memahami kemampuan individu dalam memahami posisi objek atau benda.

4. Orientasi serial

Orientasi serial merupakan bentuk orientasi yang melibatkan penerapan kriteria dan norma dari seseorang dengan pengalaman yang lebih banyak. 

Orientasi ini biasanya berlangsung secara simultan dan berkelanjutan, misalnya orientasi dari siswa lama ke siswa baru. 

5. Orientasi disjungtif

Orientasi disjungtif terjadi secara personal saat seseorang melakukan refleksi maupun penyesuaian diri terhadap orang lain yang dianggap tidak layak menjadi panutan. 

Manfaat orientasi

Keberadaan orientasi sangat bermanfaat bagi individu yang terlibat di dalamnya, baik pelajar maupun pegawai yang baru memasuki lingkungan yang masih tergolong asing. 

Melalui orientasi, proses adaptasi dapat dilakukan dengan lebih cepat. Berikut sejumlah manfaat orientasi bagi pelajar maupun karyawan.

Manfaat orientasi bagi pelajar

  1. Mengetahui peraturan yang ada di sekolah atau kampus.
  2. Mengenal lingkungan sekolah atau kampus beserta titik-titik pentingnya. 
  3. Berkenalan dengan teman baru, kakak tingkat, para pengajar, dan karyawan di lingkungan sekolah atau kampus. 
  4. Melatih kemandirian pelajar. 
  5. Mempersiapkan pelajar secara fisik, mental, dan emosional. 

Manfaat orientasi bagi karyawan

  1. Mengenal kultur perusahaan secara lebih dekat. 
  2. Mengurangi kecemasan saat memulai pekerjaan di tempat baru.
  3. Mempelajari tugas dan tanggung jawab pekerjaan. 
  4. Mempermudah adaptasi dengan pekerjaan baru.
  5. Sebagai bentuk komunikasi awal antara karyawan dengan atasan.

Contoh orientasi

Contoh orientasi yang paling sering dijumpai yaitu Masa Orientasi Siswa (MOS). Kegiatan MOS biasa dilakukan di sekolah untuk membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah. 

Pelaksanaan MOS juga bertujuan untuk mengenalkan siswa dengan kegiatan akademik maupun non-akademik di sekolah seperti mata pelajaran hingga ekstrakurikuler. 

Dalam lingkup pekerjaan, orientasi biasanya dilakukan melalui program onboarding. Tujuannya yakni untuk memperkenalkan pegawai baru dengan tugas mereka di perusahaan. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR