Pahami Apa Itu Money Laundry atau Pencucian Uang?

5 Jun 2024 22:06 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi tindak pencucian uang. Sumber: Freepik.

Penulis: Moh. Afaf El Kurniawan

Editor: Margareth Ratih. F

Money laundry atau pencucian uang sebuah istilah yang tentunya tidak asing lagi di telinga orang-orang. Istilah ini sering dijumpai dalam pemberitaan atau kasus hukum pidana yang terjadi.

Lantas apa itu money laundry atau pencucian uang? Untuk lebih jelasnya dalam artikel ini akan dijelaskan terkait pengertian money laundry atau pencucian uang.

Apa itu Money Laundry atau Pencucian Uang?

Melalui UU No. 8 Tahun 2010 dijelaskan tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang. Mengingat di Indonesia praktik money laundry tergolong tindak pidana.

Dalam UU tersebut terdapat beberapa pasal yang berisi tentang definisi money laundry atau pencucian uang. Berikut pasalnya-pasalnya

  •         Pada Pasal 1 angka 1 (satu) dijelaskan bahwa money laundry atau pencucian uang diartikan sebagai segala perbuatan yang memenuhi unsur-unsur pidana sesuai dengan ketentuan. Ketentuan yang dimaksud dalam pasal 1 angka 1 (satu) ini lantas dijelaskan pada bagian Bab II UU PPTPPU.
  •         Dalam Pasal 3 dijelaskan jika money laundry didefinisikan sebagai setiap orang yang menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menghibahkan, menitipkan, membawa ke luar negeri, mengubah bentuk, menukarkan, dengan mata uang atau surat berharga atau perbuatan lain atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana dengan tujuan menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul harta kekayaan tersebut.
  •         Di Pasal 4 dijelaskan bahwa money laundry merupakan kegiatan menyembunyikan atau menyamarkan asal-usul, sumber, lokasi, peruntukan. pengalihan hak-hak, atau kepemilikan yang sebenarnya atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduga merupakan hasil tindak pidana.
  •         Pada Pasal 5 disebutkan bahwa money laundry merupakan setiap orang yang menerima atau menguasai penempatan, pentransferan, pembayaran, hibah, sumbangan, penitipan, penukaran, atau menggunakan harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduganya merupakan hasil tindak pidana.

 

3 langkah money laundry

Setidaknya terdapat 3 langkah dalam tindak pencucian uang yang harus seseorang ketahui. Berikut langkah-langkahnya:

  1.       Placement

Placement atau penempatan biasa dilakukan secara klandestin, menyuntikkan uang berdasarkan hasil kejahatan ke sebuah sistem keuangan yang dinilai sah.

Pada umumnya para pelaku pencucian uang akan melakukan pemisahan secara terperinci atas hasil dana ilegal yang nantinya masuk ke sistem lembaga keuangan agar tidak terdeteksi oleh lembaga audit keuangan dan hukum.

  1.       Layers

Layers menjad langkah kedua dalam tindakan pencucian uang. Layering atau bisa juga disebut sebagai usaha untuk menyembunyikan sumber uang melalui serangkaian transaksi serta trik pembukuan di lembaga keuangan.

Biasanya langkah ini dilakukan dengan cara menyimpan uang melalui pembelian saham, investasi, aset, bisa juga menyebarkan uangnya dengan cara membuka rekening baru atau melakukan transaksi bisnis tertentu.

Pada umumnya ada juga yang melakukan dengan cara membuka rekening bank di negara-negara tax haven, seperti di Swiss, atau di negara yang memberikan layanan tanpa pajak minimal. Bahkan ada juga simpanan dana di bank yang menawarkan tanpa pajak.

  1.       Integration

Integrasi menjadi tahapan ketiga dalam tindak pidana money laundry atau pencucian uang. Tahapan ini dilakukan dengan cara menggunakan uang hasil cucian dengan tujuan apa pun. Dengan catatan integrasi baru dapat dilakukan ketika uang tersebut telah melewati berbagai layering serta dapat diakses secara bebas melalui transaksi perbankan seperti biasanya.

Disebut tahapan integrasi karena uang tersebut telah bercampur secara sah dengan uang konvensional pelaku. Biasanya tahapan ini ujung-ujungnya digunakan oleh pelaku money laundry atau pencucian uang untuk menanggung biaya sebuah tindak pidana atau investasi layering lainnya yang telah mengalami penumpukan.

Demikian penjelasan mengenai money laundry atau pencucian uang lengkap dengan langkah-langkah yang dilakukan oleh para pelakunya.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER