Baru Sehari Dibersihkan, Pantai Cibutun Kembali Dipenuhi Sampah

10 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Ribuan warga yang berasal dari berbagai elemen melakukan kerja bakti membersihkan tumpukan sampah di Pantai Cibutun, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jabar yang diinisiasi oleh Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi pada Rabu, (4/10/2023). Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Pantai Cibutun yang terletak di Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, terpantau kembali dipenuhi sampah usai dibersihkan oleh warga dan relawan. 

Sebelumnya, kelompok pemuda Pandawara Group bersama warga, aparat, hingga pemerintah daerah bergotong royong membersihkan sampah yang menumpuk di pantai tersebut pada 4-7 Oktober 2023. 

Namun, Pantai Cibutun kembali dikotori oleh sampah pada Minggu (8/10/2023), hanya sehari setelah kegiatan bersih-bersih dilakukan. 

Marwan Hamami selaku Bupati Sukabumi mengaku terkejut dengan situasi ini. Dia menduga sampah-sampah itu terseret oleh arus sungai yang menderas usai hujan turun.

“Kemarin sudah bersih, sekarang sudah penuh lagi. Kemarin hujan di wilayah utara sekitar satu jam, ini mungkin sampah rumah tangga yang hanyut melalui sungai hingga terbawa ombak ke bibir pantai ini,” kata Marwan seperti dilansir dari Kompas.com

Marwan menyebut dirinya akan melacak sumber sampah yang kembali mengotori Pantai Cibutun. Dia juga menegaskan pihaknya akan mengambil tindakan tegas kepada orang yang nekat membuang sampah sembarangan. 

Upaya edukasi juga akan terus dilakukan kepada masyarakat untuk memunculkan kesadaran dalam menjaga lingkungan secara sukarela. 

Marwan turut meminta kepada pemerintah daerah supaya aktif dalam mengedukasi dan mengawasi warga yang masih membuang sampah sembarangan. 

“Jika kemudian hari ditemukan masalah lingkungan, pemerintah desa diharapkan segera melaporkan kepada stakeholder terkait untuk segera ditindaklanjuti,” tegas Marwan. 

Didominasi sampah rumah tangga

Sampah yang ada di pantai Cibutun kini didominasi oleh sampah rumah tangga dan plastik kemasan sekali pakai. 

Sebelumnya, tumpukan sampah yang mengotori pantai lebih banyak berupa sampah kain. 

“Kalau kemarin sampah didominasi oleh sampah kain dan kita susuri sungai yang menjadi beban pencemar agar mengetahui sampah kain berasal dari mana,” ungkap Marwan. 

Sebagai informasi, kegiatan bersih-bersih Pantai Cibutun yang dikomandoi Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dilakukan sejak Rabu (4/10/2023).

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo menyebut pihaknya telah berhasil mengangkut sampah kain seberat 100 ton selama empat hari pembersihan. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR