Gibran Rakabuming Diminta Menjadi Cawapres Prabowo: “Umurnya Tidak Cukup”

10 Oktober 2023 15:10 WIB

Narasi TV

Gibran Rakabuming Raka. Sumber: Antara.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka diminta menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto. Ia mengaku kerap diminta oleh yang bersangkutan meski usianya tak cukup memenuhi kualifikasi cawapres dalam Pilpres 2024.

“Umurnya tidak cukup,” ujar Gibran kepada wartawan pada Senin (9/10/2023).

Nama Gibran santer disebut masuk dalam bursa bacawapres mendampingi Prabowo Subianto. Meski begitu, Gibran mengaku sudah melaporkan tawaran menjadi cawapres Prabowo kepada Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. 

“Sudah saya laporkan ke pimpinan PDIP, ke Pak Sekjen, ke Mbak Puan, dan lain-lain. Umurnya tidak cukup,” jelas Gibran di Balai Kota Solo, dilansir dari detikNews.

Didukung banyak pihak

Kabar soal nama Gibran menjadi bacawapres Prabowo didukung oleh sejumlah kelompok relawan dan pengurus cabang partai politik. Dukungan pertama datang dari DPC Partai Gerindra Tangerang Selatan melalui Rapat Koordinasi Cabang (Rakorcab) Gerindra Tangsel pada Minggu (8/10/2023).

Dalam Rakorcab tersebut, DPC Partai Gerindra Tangsel merekomendasikan Gibran Rakabuming sebagai cawapres Prabowo pada Pilpres 2024. Menurut Kedua DPC Gerindra Tangsel, Li Claudia Chandra, Gibran adalah sosok anak muda yang dapat membawa Indonesia menjadi negara maju.

Senada, Relawan Pro Jokowi (Projo) Jawa Timur mendukung Prabowo dan Gibran dalam Pilpres 2024. Namanya muncul ketika DPC Projo Jatim melakukan pemungutan suara dalam Konferensi Daerah Projo pada Sabtu (7/10/2023).

Kelompok relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) juga mendeklarasikan dukungan ke Prabowo, serta mengusulkan nama Gibran dalam Pilpres 2024. Menurut mereka, Prabowo dan Gibran seperti pasangan dwi tunggal yang saling menguatkan.

Ketua Umum Samawi, Gus Muhammad Nahdy menyarankan Prabowo dapat menggandeng Gibran apabila Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan permohonan uji materi pasal UU Pemilu terkait batas usia minimal capres dan cawapres.

Diketahui, Gibran Rakabuming masih berusia 36 tahun. Tentu saja usianya tidak masuk dalam kualifikasi capres dan cawapres sesuai UU Pemilu yaitu minimal 40 tahun. Meski begitu, gugatan uji materi soal usia minimal ini masih bergulir di MK.

Empat nama bacawapres Prabowo

Kepala Badan Komunikasi Strategis atau Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra membocorkan empat nama bacawapres Prabowo. Ia mendengar nama-nama tersebut sudah mengerucut.

“Kami mendengar, cawapres Bapak Prabowo Subianto menguat pada empat nama,”ujar Herzaky pada Senin (9/10/2023) dikutip dari detikNews.

Empat nama tersebut diantaranya adalah Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang diusung Partai Golkar, Menteri BUMN Erick Thohir yang diusung PAN, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Prabowo diskusikan usulan

Bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto menanggapi usulan yang masuk dari Samawi. Ia memahami keinginan generasi muda berpartisipasi dalam politik. Apalagi mereka memiliki sosok yang dapat mewakili pemikiran mereka.

Namun, Prabowo perlu mendiskusikan usulan-usulan yang masuk bersama ketua umum partai koalisi diantaranya Partai Demokrat, Gelora, PBB, dan Garuda. Setelah itu, barulah Prabowo dapat mengambil keputusan yang tepat.

“Saya terima masukan dari saudara-saudara dan akan saya bawa ke forum Koalisi Indonesia Maju,” ujar Prabowo pada Sabtu (7/10/2023) malam, dikutip dari Antara.

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR