Trik Menjawab Pertanyaan HRD tentang Pekerjaan yang Disukai

11 April 2023 11:04 WIB

Narasi TV

Ilustrasi seseorang yang sedang dalam wawancara kerja. Sumber: Freepik.

Penulis: Rusti Dian

Editor: Margareth Ratih. F

Menjawab pertanyaan tentang pekerjaan yang disukai memang cukup mudah. Namun, apa jadinya jika recruiter menanyakan tentang pekerjaan yang tidak disukai? Bagaimana cara memberi jawaban yang sesuai keinginan recruiter?

Ketika sesi wawancara berlangsung, tak jarang kita menemui pertanyaan dari recruiter tentang pekerjaan yang disukai dan tidak disukai. Kita memang bisa menjawab apapun, namun belum tentu jawaban tersebut membuat recruiter puas.

Alasan pertanyaan pekerjaan yang disukai atau tidak

Pihak recruiter atau pewawancara menanyakan tentang pekerjaan yang disukai atau tidak disukai bukan tanpa alasan. Mereka ingin mempelajari tentang dirimu, apalagi ketika menjawab pertanyaan tentang pekerjaan yang tidak disukai.

Rekruter atau pewawancara akan memberi penilaian atas jawabanmu. Penilaian tersebut tentang lugas atau tidaknya saat menjawab, ketenangan, kejujuran, dan lain sebagainya.

Walaupun kamu harus menjawabnya dengan jujur dan jelas, bukan berarti kamu menjawab dengan asal-asalan. Begitupun saat menjawab pertanyaan tentang pekerjaan yang disukai. Kamu harus memberi jawaban yang menunjukkan antusiasme menghadapi pekerjaan tersebut.

Jawaban pekerjaan yang disukai

Berikut beberapa opsi jawaban yang bisa kamu berikan ketika ditanya tentang pekerjaan yang disukai:

  • Jelaskan sesuai skill dan passion-mu

Kaitkan antara pekerjaan yang kamu lamar dapat mendukung pengembangan skill dan passion-mu. Di sini, kamu bisa menyampaikan ketertarikanmu pada sesuatu yang baru sehingga kamu sangat terbuka mempelajari hal baru.

  • Jelaskan suasana kerja yang menurutmu nyaman

Di sini, kamu bisa bicara tentang lingkungan kerja yang membuatmu nyaman. Misalnya kamu nyaman ketika berada di lingkungan yang saling mendukung dan berkolaborasi. Jelaskan juga alasan mengapa lingkungan kerja tersebut dapat membuatmu nyaman.

  • Kaitkan dengan pekerjaan yang ditawarkan

Setelah menjelaskan dua hal di atas, kamu bisa juga mengaitkan dengan pekerjaan yang ditawarkan atau sedang kamu lamar. Misalnya ketika kamu mendaftar sebagai Content Writer, maka katakan bahwa kamu senang menyalurkan ide kreatifmu melalui tulisan.

  • Tunjukkan bahwa kamu menyukai tantangan

Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan dan beban yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu perlu menunjukkan bahwa kamu sangat menyukai tantangan. Dengan begitu, perusahaan tidak akan ragu memilihmu karena memiliki antusias dan semangat yang tinggi.

  • Jawablah dengan positive vibes

Positive vibes dapat membuat recruiter tertarik dengan jawabanmu. Pasalnya, kamu berusaha menunjukkan sisi positifmu melalui kalimat yang diucapkan, intonasi yang ramah dan antusias, serta senyum hangat.

Lima hal tadi dapat digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang pekerjaan yang disukai. Semoga sukses!

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR