Jokowi Resmikan Pohon Hayat sebagai Logo IKN

31 Mei 2023 14:05 WIB

Narasi TV

Presiden Jokowi bersama desainer logo IKN terpilih, Aulia Akbar (ketiga dari kiri), beserta empat desainer lain yang karyanya lolos dalam tahap akhir pemilihan. Sumber: Antara.

Penulis: Nuha Khairunnisa

Editor: Margareth Ratih. F

Presiden Joko Widodo meresmikan Pohon Hayat sebagai logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Istana Negara, Selasa (30/5/2023).

Logo karya Aulia Akbar itu keluar sebagai pemenang sayembara desain logo IKN setelah melalui kurasi dan jajak pendapat terhadap lima finalis secara daring.

“Setelah melalui proses sayembara yang sangat selektif, alhamdulillah telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak,” kata Jokowi sebelum mengumumkan nama pemenang. 

“Pohon Hayat ini adalah pohon kehidupan, dan kita semuanya berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” lanjut Jokowi. 

Detail logo pohon hayat

Logo Pohon Hayat terbagi ke dalam tiga bagian yaitu bagian bawah, tengah, dan atas. Bagian bawah berupa lima akar pohon yang melambangkan kelima sila Pancasila. 

Bagian tengah berupa tujuh batang pohon merepresentasikan tujuh pulau besar di Indonesia. Kemudian, bagian atas berupa 17 kembang mekar yang merupakan tanggal kemerdekaan Republik Indonesia.

Menurut Jokowi, logo Pohon Hayat memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN yang harapannya dapat menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri Indonesia sebagai bangsa yang besar. 

Kehadiran unsur alam pada logo ini juga diyakini dapat menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan dan ekosistem. 

Memenangkan jajak pendapat

Logo Pohon Hayat karya Aulia Akbar terpilih setelah memperoleh suara terbanyak pada jajak pendapat terbuka yang diikuti oleh lebih dari 500 ribu pemilih. 

Sebagai pemenang, Aulia Akbar berhak atas hadiah berupa uang sebesar Rp185 juta, sementara keempat finalis lainnya mendapatkan hadiah sebesar Rp20 juta.

Sebagai informasi, Aulia Akbar adalah seorang desainer grafis yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat. 

Dia lulus dari Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) pada tahun 2014. 

Saat ini, Aulia Akbar menjabat sebagai Co-founder sekaligus design researcher di sebuah konsultan branding bernama POT Branding House.

Tak hanya itu, dirinya juga aktif sebagai anggota di Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) Chapter Bandung. 

NARASI ACADEMY

TERPOPULER

KOMENTAR