Pendaftaran Mudik Gratis Kemenhub 2023 Sudah Dibuka, Berikut Syarat dan Jalur yang Disiapkan

14 Mar 2023 14:03 WIB

thumbnail-article

Tangkapan layar-Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno dalam konferensi pers "Mudik Gratis Angkutan Lebaran 2023" yang dipantau melalui akun YouTube Ditjen Perhubungan Darat pada Senin (13/3/2023). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

Penulis: Elok Nuri

Editor: Rizal Amril

Program Mudik Gratis Kemenhub 2023 yang dicanangkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi dibuka.

Melalui akun Instagram resminya, @kemenhub151, Kemenhub membuka pendaftaran mudik gratis mulai 13 Maret hingga 14 April. Pendaftaran akan ditutup jika kuota telah terpenuhi. 

Melansir Antara, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugianto menyatakan bahwa Kemenhub telah menyiapkan kuota mudik gratis sebanyak 24.072 penumpang pada tahun ini. 

"Jadi, kuota mudik gratis yang kami siapkan adalah 24.072 orang. Untuk arus mudik itu kita menyiapkan 18.528 [orang], dan untuk arus baliknya kami menyiapkan kuota 5.544 [orang]," kata Hendro pada Senin (13/02/2023).

Hendro juga menjelaskan bahwa Kemenhub menyiapkan 585 bus untuk mengakomodasi para pemudik gratis.

Bus sebanyak 585 unit tersebut terdiri dari 459 bus untuk arus mudik dan 126 bus untuk arus balik.

Selain bus untuk mengakomodasi penumpang, Kemenhub juga menyiapkan truk untuk mengangkut sepeda motor para pemudik gratis.

"Untuk 30 unit truk yang mengangkut sepeda motor, target kami [300 unit truk diperuntukkan mengankut] 900 unit sepeda motor. Untuk arus mudik kami mengangkut 450 sepeda motor dan arus balik 450 unit," ujar Hendro menjelaskan.

Kota tujuan Mudik Gratis Kemenhub 2023

Kuota program Mudik Gratis Bus Kemenhub 2023 yang telah disiapkan tersebut diperuntukkan untuk kota-kota tujuan yang telah disiapkan Kemenhub.

Hendro menjelaskan bahwa, untuk arus mudik, Kemenhub akan membagi pemudik gratis dalam empat kelompok sesuai kota tujuan.

Kelompok pertama adalah Pulau Sumatera dengan kota tujuan Palembang dan Lampung.

Kelompok kedua adalah wilayah Jawa Barat dengan kota tujuan Garut, Tasikmalaya, dan Cirebon.

Kelompok ketiga adalah wilayah Jawa Tengah dan DIY dengan kota tujuan Solo, Tegal, Pekalongan, Semarang, Demak, Jepara, Pati, Blora, Boyolali, Klaten, Wonogiri, Purwokerto, Cilacap, Wonosobo, Kebumen, Magelang, Wonosari, dan Yogyakarta.Kelompok keempat adalah wilayah Jawa Timur dengan kota tujuan Madiun, Surabaya, Tuban, Malang, dan Tulungagung.

Sementara untuk arus balik, Kemenhub menyiapkan bus dengan delapan jalur, yaitu Cirebon-Jakarta, Madiun-Jakarta, Surabaya-Jakarta, Semarang-Jakarta, Solo-Jakarta, Purwokerto-Jakarta, Wonogiri-Jakarta, dan Yogyakarta-Jakarta.

Truk yang diperuntukkan untuk mengangkut sepeda motor para pemudik disiapkan untuk lima jalur, yaitu Solo-Jakarta (PP), Semarang-Jakarta (PP), Purwokerto-Jakarta (PP), Wonogiri-Jakarta (PP), dan Yogyakarta-Jakarta (PP).

Syarat pendaftaran mudik gratis 2023

Pendaftaran program Mudik Gratis Kemenhub 2023 dilakukan secara daring melalui aplikasi Mitradarat yang dapat diunduh di Play Store dan Apps Store.

Sebelum melakukan pendaftaran, pemudik diharuskan untuk memenuhi beberapa persyaratan untuk mengikuti program ini, yaitu:

  • Wajib memiliki dokumen kependudukan seperti KTP/SIM/KK,
  • Peserta hanya memiliki satu kuota mudik,
  • Peserta hanya diberikan waktu H+7 dari tanggal pendaftaran, untuk melakukan registrasi lewat posko yang telah ditentukan,
  • Jika lewat dari H+7 pendaftaran belum melakukan registrasi ulang maka pendaftaran dianggap hangus dan dibatalkan,
  • Peserta yang mudik dengan sepeda motor wajib melengkapi dengan surat kendaraan,
  • Penyerahan motor sesuai tanggal H-1 sebelum keberangkatan,
  • Peserta wajib datang satu (1) jam sebelum keberangkatan.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER