Pengertian Dividen Beserta Jenisnya

29 Jan 2023 15:01 WIB

thumbnail-article

Ilustrasi penghitungan keuntungan perusahaan. Sumber: Freepik.

Penulis: Elok Nuri

Editor: Margareth Ratih. F

Bagi mereka yang berinvestasi saham pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah dividen. Dividen adalah pembagian laba atau pendapatan suatu perusahaan yang berasal dari keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan.

Mengutip Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti dividen adalah bagian laba atau pendapatan perusahaan yang besarnya ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para pemegang saham.

Biasanya dividen akan diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Dividen juga menjadi  salah satu daya tarik yang dimiliki perusahaan untuk menarik minat investor membeli saham dari perusahaan mereka.

Pembagian dividen biasanya akan dibagikan setahun sekali atau dua tahun sekali, Meskipun terkesan memiliki ketetapan, kenyataannya tetap ada risiko dividen tidak dibagikan.

Biasanya dividen yang tidak dibagikan karena adanya kondisi keuangan perusahaan yang kurang baik atau mengalami kerugian. Jadi perhitungannya jika laba yang didapatkan perusahaan mengalami kerugian maka laba yang didapat pada tahun tersebut akan menjadi laba ditahan sampai kondisi membaik.

Jenis dividen

  • Dividen saham

Jenis pertama ada stock dividend. Dividen jenis ini dalam pembagian keuntungannya akan dibayarkan dalam bentuk saham. Manfaatnya, jumlah saham yang beredar menjadi semakin meningkat. 

  • Dividen barang

Jenis dividen barang atau property dividend ini dalam pembagian keuntungannya akan berbentuk barang atau aset. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat pembagiannya, pertama perusahaan harus memastikan bahwa barang yang dibagikan masuk kategori dalam barang yang dibagi.

Kedua perusahaan juga harus memastikan bahwa pembagian dividen tidak mengganggu dan berpengaruh pada perusahaan.

Dividen tunai

Cash dividend atau dividen tunai masuk dalam jenis pembagian keuntungan yang dibagikan kepada pemilik atau pemegang saham dalam bentuk uang secara tunai. Dividen jenis ini menjadi favorit bagi para pemegang saham dan paling sering digunakan oleh perusahaan

Dividen utang

Jenis dividen tidak melulu berbentuk barang, uang tunai atau saham, seperti dividen satu ini keuntungan akan diberikan dalam bentuk janji utang atau scrip dividend. Skrip tersebut akan mencantumkan nominal tertentu serta jatuh tempo pembayaran kepada pemegang saham.

Jenis dividen satu ini akan membuat perusahaan memiliki hutang kepada pemegang saham namun biasanya berjangka pendek.

Demikianlah penjelasan tentang dividen. Semoga bermanfaat.

Apa Komentarmu?

Tulis komentar

ARTIKEL TERKAIT

VIDEO TERKAIT

KOMENTAR

Latest Comment

Belum ada komentar

Jadilah yang pertama mengirimkan komentar untuk bertukar gagasan dengan pengguna lainnya

TERPOPULER